Analisis Pengaruh Kapasitas Fiskal dan Restrukturisasi Pinjaman Terhadap Kinerja Pembayaran Pinjaman Pemerintah Daerah. (Studi pada Direktorat Sistem Manajemen lnvestasi)

Surya, BramianaCahya (2015) Analisis Pengaruh Kapasitas Fiskal dan Restrukturisasi Pinjaman Terhadap Kinerja Pembayaran Pinjaman Pemerintah Daerah. (Studi pada Direktorat Sistem Manajemen lnvestasi). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana pengaruh faktor-faktor Kapasitas Fiskal yaitu Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah, Belanja Pegawai dan Kemiskinan dan Restrukturisasi Pinjaman terhadap Kinerja pembayaran Pinjaman Daerah. Kebijakan Restrukturisasi Pinjaman dilaksanakan pada tahun 2008. Teknik analisis dengan regresi berganda menggunakan Partial Least Square (PLS) data panel dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2013. Pemilihan data untuk membandingkan kondisi pinjaman 5 tahun sebelum dan 5 tahun sesudah restrukturisasi pinjaman. Data panel terdiri dari 45 Kabupaten/Kota yang memiliki pinjaman dalam restrukturisasi. Hasilnya menunjukkan bahwa secara simultan Kapasitas Fiskal dan Restrukturisasi pinjaman berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pembayaran Pinjaman Pemerintah Daerah. Secara parsial faktor-faktor kapasitas fiskal menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah, Belanja Pegawai berpengaruh signifikan terhadap kinerja pembayaran pinjaman sedangkan Dana Alokasi Umum dan Kemiskinan tidak berpengaruh terhadap kinerja pembayaran pinjaman. Dari hasil penelitian Nilai determinan R2 = 0,469 menunjukkan bahwa hubungan variabel dependen dan independen dalam penelitian ini hanya dapat menjelaskan sebesar 46.9%, sedangkan sisanya sebesar 53.1% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kapasitas Fiskal, Restrukturisasi Pinjaman, Kinerja Pembayaran Pinjaman.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/336.3/SUR/a/2015/041507147
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.3 Public debt and expenditures
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Nov 2015 14:57
Last Modified: 30 Nov 2015 14:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155926
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item