Pengaruh Dana Perimbangan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Pertumbuhan Ekonomi melalui Belanja Modal di Kota dalam Wilayah Jawa Timur (Tahun 2009-2014).

Wiraswasta, Fani (2017) Pengaruh Dana Perimbangan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Pertumbuhan Ekonomi melalui Belanja Modal di Kota dalam Wilayah Jawa Timur (Tahun 2009-2014). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsekuensi dari pelaksanaan otonomi daerah adalah pemerintah daerah harus menggali potensi-potensi sumber pendapatan sehingga mampu untuk meningkatkan PAD. PAD merupakan sumber penerimaan utama bagi suatu daerah. PAD yang diperoleh suatu daerah berasal dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan. Salah satu dana perimbangan dari pemerintah ini adalah DAU yang pengalokasiannya menekankan aspek pemerantaan dan keadilan yang selaras dengan penyelenggaraan urusan pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh antara dana perimbangan dan pendapatan asli daerah terhadap pertumbuhan ekonomi melalui belanja modal di Kota dalam Wilayah Jawa Timur mulai tahun 2009 sampai 2014 secara langsung maupun tidak langsung. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling atau judgement sampling yaitu dengan mengambil data laporan keuangan daerah khusunya data PAD, Belanja Modal, Dana Perimbangan dan Laporan pertumbuhan ekonomi pada periode 2009-2014 pada 8 Kota Di Jawa Timur, terkecuali kota surabaya dikarenakan secara geografis maupun administrative serta keuangan memiliki nilai atau jumlah yang berbeda sehingga dapat menimbulkan ketidaknormalan data. Pengambilan data menggunakan data sekunder yang diambil dari Laporan APBD yang diperoleh dari situs Dirjen Perimbangan Keuangan Pemerintah Daerah, yang terdiri dari laporan realisasi anggaran Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi peneliti mengambil data dari laporan BPS. Selanjutnya, untuk analisis data, penelitian ini menggunakan regresi berganda dengan software SPSS 17, dan untuk pengujian hipotesis digunakan analisis jalur (path analysis). Penelitian ini menemukan bahwa semua hipotesis dalam penelitian ini terbukti secara positif dan signifikan. Dana Perimbangan dan pendapatan asli daerah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan secara langsung terhadap Belanja modal dan pertumbuhan ekonomi, ataupun tidak langsung melalui mediasi belanja modal terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/336.014/WIR/p/2017/041703356
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Apr 2017 08:43
Last Modified: 21 Apr 2017 08:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155899
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item