Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Retribusi Pasar Di Kabupaten Klaten (Studi Di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Klaten)

Kusnindar, Isnaini (2017) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Retribusi Pasar Di Kabupaten Klaten (Studi Di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Klaten). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hubungan antara perencanaan pembangunan dengan anggaran adalah hubungan timbal batik. Anggaran menjamin kepastian pembiayaan pembangunan sedangkan perencanaan akan memperhatikan keterbatasan anggaran. Dalam kaitannya dengan studi ilmu administrasi publik, keterbatasan anggaran merupakan salah satu permasalahan besar yang harus dicarikan solusinya oleh para administrator publik. Perencanaan pembangunan dapat dilaksanakan dengan balk tanpa harus khawatir dengan pembiayaan pembangunan karena anggaran bertambah dengan adanya peningkatan PAD. Upaya meningkatkan Pendapatan Asti Daerah adalah dengan meningkatkan penerimaan retribusi daerah khsususnya retribusi pasar. Retribusi pasar penyumbang terbesar kedua dalam penerimaan retribusi daerah oleh karena itu faktor-faktor yang mempengaruhi penehmaan retribusi pasar harus diperhatikan dan dipetakan dengan balk. Mengingat besamya sumbangan retribusi pasar terhadap PAD maka periu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan retribusi pasar seperti sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi dan potensi penerimaan retribusi pasar sehingga dapat dihasilkan penerimaan retribusi yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi dan potensi penerimaan retribusi balk secara bersama-sama (simultan) maupun secara parsial terhadap penerimaan retribusi pasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan analisis eksplanatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hash uji statistik dan pembahasan antara lain: sumber daya manusia dan pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan retribusi pasar dan mernpunyai hubungan berbanding terbalik dan memiliki penagruh negatif. Potensi penerimaan retribusi berpengaruh signifikan terhadap penerimaan retribusi pasar dan rnempunyai hubungan searah dan positif. Sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi dan potensi penerimaan retribusi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan retribusi pasar di Kabupaten Klaten.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/336.014/KUS/a/2017/041702352
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Apr 2017 10:00
Last Modified: 27 Apr 2017 10:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155894
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item