Analisis Kemampuan Keuangan Daerah Sebelum Dan Sesudah Pemekaran Wilayah Provinsi Dengan Pendekatan Mixed Methods (Studi Pada Kabupaten/Kota Di Provinsi Kalimantan Utara)

Haji, AdhaPramidaya (2015) Analisis Kemampuan Keuangan Daerah Sebelum Dan Sesudah Pemekaran Wilayah Provinsi Dengan Pendekatan Mixed Methods (Studi Pada Kabupaten/Kota Di Provinsi Kalimantan Utara). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberi bukti empiris kemampuan keuangan daerah berdasarkan peran (share), pertumbuhan (growth), Indeks Kemampuan Keuangan (IKK) daerah, pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota di Kalimantan Utara sebelum dan sesudah pemekaran provinsi. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan data sekunder Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) 4 kabupaten dan 1 kota di Kalimantan Utara dengan rentang waktu 2010-2015 untuk analisis kuantitatif. Terdapat 6 sampel informan dari 2 kabupaten dan 1 kota untuk analisis kualitatif deskriptif dengan metode wawancara. Hasil uji-t indeks share, growth dan IKK tidak ada perbedaan sebelum dan sesudah pemekaran provinsi. Berdasarkan hasil analisis kualitatif terdapat penurunan rata-rata indeks share, growth dan IKK. Indeks share turun karena Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak didesain sebagai sumber utama APBD, indeks growth turun karena kabupaten/kota menggunakan deposito untuk meningkatkan PAD sehingga sesudah pemekaran provinsi, deposito digunakan untuk menutup defisit APBD. Penurunan IKK terjadi karena kabupaten/kota cenderung bergantung terhadap dana perimbangan setelah pemekaran provinsi. Hasil uji-t pendapatan dan belanja daerah terdapat perbedaan lebih besar pendapatan dan belanja daerah sesudah pemekaran provinsi. Hasil analisis kualitatif, mengindikasikan kenaikan pendapatan dan belanja daerah hanya dua tahun awal pemekaran karena adanya alasan politik dan pada tahun ketiga terjadi penurunan APBD disebabkan DBH Migas turun drastis. Perbedaan hasil analisis ini dipengaruhi oleh kepentingan politik dari masing-masing provinsi. Penelitian ini membuktikan bahwa dalam jangka pendek pemekaran provinsi bukan solusi untuk percepatan pembangunan pada kabupaten/kota di Kalimantan Utara.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/336.014/HAJ/a/2015/041600112
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Apr 2016 14:30
Last Modified: 26 Apr 2016 14:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155893
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item