Pengukuran Jatidiri dan Daya Saing Koperasi dengan Pendekatan Development Ladder Assesment (DLA) (Studi pada KUD Subur, KPRI Universitas Brawijaya, dan KWSU BAM di Kota Malang)

Darmawanto, AgusTri (2014) Pengukuran Jatidiri dan Daya Saing Koperasi dengan Pendekatan Development Ladder Assesment (DLA) (Studi pada KUD Subur, KPRI Universitas Brawijaya, dan KWSU BAM di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis, variabel-variabel DLA dapat dijadikan alat ukur jatidiri suatu koperasi. Konsep DLA dalam penelitian ini diterapkan untuk menentukan kategori koperasi yang berjatidiri, antara Koperasi Unit Desa (KUD) subur, KPRI Universitas Brawijaya dan KWSU BAM. Obyek Penelitian adalah Koperasi Unit Desa (KUD) Subur, KPRI Universitas Brawijaya dan KWSU BAM Di Kota Malang. Dengan subyek penelitian antara lain personil senior dari manajemen, ketua dan salah seorang anggota pengurus, dan sekurang-kurangnya dua orang anggota. Metode pengambilan data dilakukan dengan wawancara diskusi kelompok dengan instrumen kuesioner DLA. Metode analisis dengan menggunakan pendekatan DLA dengan variabel visi, kapasitas, sumber daya dan jaringan kerja, serta pendekatan DLA dengan Model Daniel Cote dan Grid Model menurut ICA Roap. Hasil penelitian berdasarkan penilaian DLA, KUD subur berada pada zona kuning artinya KUD subur dalam kinerja pada umumnya memuaskan namun ada perlu indikator-indikator yang perlu dilakukan perbaikan manajemen organisasi. KPRI UB dan KWSU BAM berada pada zona hijau, artinya KPRI UB dan KWSU BAM dalam kinerjanya sudah baik dari segi visi, kapasitas, sumber daya dan jaringan kerja. Analisa Daniel cote, KUD subur, KPRI UB dan KWSU BAM ini secara umum berada dalam kuadran I. Hal ini menunjukkan bahwa koperasi-koperasi telah secara baik dalam mengimplementasikan jatidirinya namun masih lemah dalam menghadapi intensitas pasar (persaingan). Analisa Grid Model, KUD Subur, KPRI UB dan KWSU BAM telah menempati pada kuadran I. Artinya, Ketiga koperasi tersebut termasuk kategori koperasi yang berjatidiri dan mampu melakukan persaingan. KUD subur dalam kinerjanya baik dalam mengaplikasikan jatidiri koperasi, namun dalam melakukan persaingan masih rendah. KPRI UB dalam kinerjanya baik dalam mengaplikasikan jatidiri koperasi dan cukup dalam melakukan persaingan. KWSU BAM dalam kinerjanya sangat baik dalam mengaplikasikan jatidiri koperasi dan baik dalam melakukan persaingan.

English Abstract

This study aims to assess theoretically, DLA variables can be used as a measuring tool a cooperative identity, to apply the concept of cooperative DLA to determine which category themselves, between KUD SUBUR, KPRI BRAWIJAYA UNIVERSITY AND KWSU BAM). Object of study is KUD Subur, KPRI Brawijaya University and KWSU BAM. With research subjects include senior personel from management, the chairman and a member of the board, and at least two members. Method of data collection was done with the interview questionaire instrument group discussions with DLA. Methods of analysis using DLA approach with variable vision , capacity resources, and network, as well as DLA approach with models Daniel Cote and Grid Models by ICA Roap. The results based DLA assessment, KUD Subur is on the yellow zone means KUD Subur in performance is generally satisfactory, but there needs to be indicators that need to be improved management of the organization. KPRI UB and KWSU BAM is at the green zone, it means KPRI UB and KWSU BAM performance has been good in terms of vision, capacity, and network resources. Daniel cote analysis, KUD Subur, KPRI UB and BAM KWSU in general are in quadrant I. This suggests that co-operatives have been better to implement his identity but still weak in the face of the intensity of the market (competition). Grid Model Analysis, KUD Subur, KPRI UB and KWSU BAM has occupied in quadrant I. That is, the three cooperatives, including cooperatives identity categories and able to perform the competition. KUD Subur in good performance in applying the identity of cooperatives, but in doing the competition is low. KPRI UB in a good performance in applying the identity of cooperatives and fairly in conducting the competition. KWSU BAM in a very good performance in applying the identity of cooperatives and doing well in the competition.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/334/DAR/p/041406610
Subjects: 300 Social sciences > 334 Cooperatives
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 13 Oct 2014 15:23
Last Modified: 13 Oct 2014 15:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155882
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item