Pengaruh Konservatisme Bersyarat Dalam Akuntansi Terhadap Risiko Crash Pada Harga Saham Yang Dimoderasi Oleh Penerapan Penuh Konvergensi Ifrs (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan Indeks Lq45 Di Bursa Ef

Prameswari, SiellyBudi (2016) Pengaruh Konservatisme Bersyarat Dalam Akuntansi Terhadap Risiko Crash Pada Harga Saham Yang Dimoderasi Oleh Penerapan Penuh Konvergensi Ifrs (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan Indeks Lq45 Di Bursa Ef. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh konservatisme bersyarat terhadap risiko crash pada harga saham perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45, baik secara langsung maupun yang dimoderasi oleh penerapan penuh konvergensi IFRS. Hasil penelitian membuktikan bahwa konservatisme bersyarat dalam akuntansi tidak berpengaruh secara langsung terhadap risiko crash pada harga saham, tetapi berpengaruh negatif terhadap risiko crash pada harga saham saat dimoderasi oleh penerapan penuh konvergensi IFRS. Hal ini dibuktikan setelah mengontrol variabel-variabel lain yang dianggap memengaruhi risiko crash pada harga saham yaitu perputaran saham detrended, koefisien negatif dari skewness tahun t, deviasi standar return mingguan, rata-rata return mingguan, dan ukuran perusahaan. Temuan ini mendukung efek kepastian dan efek refleksi pada teori prospek. Efek pemoderasi dari penerapan penuh konvergensi IFRS merupakan temuan baru yang terkait dengan pengaruh konservatisme bersyarat terhadap risiko crash pada harga saham di negara yang telah mengadopsi IFRS.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.632 22/PRA/p/2016/041611342
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Feb 2017 14:51
Last Modified: 01 Feb 2017 14:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155778
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item