Pengaruh Variabel Makroekonomi dan Harga Saham Asing Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Studi di Bursa Efek Indonesia).

Febrina, RadenSafiroh (2016) Pengaruh Variabel Makroekonomi dan Harga Saham Asing Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Studi di Bursa Efek Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel makroekonomi dan harga saham asing terhadap indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian Januari 2008 – Desember 2015. Variabel makroekonomi yang diteliti mencakup indeks produksi industri, jumlah uang beredar, inflasi, suku bunga dan nilai tukar Rp/USD, sedangkan harga saham asing mencakup Kuala Lumpur Composite Index, Strait Times Index, Stock Exchange of Thailand Index, Philippines Stock Exchange Index, Dow Jones Industrial Average Index, Nikkei 225 Index dan Shanghai Composite Index. Penelitian ini menggunakan metode analisis times series, Vector Autoregression (VAR). hasil menunjukka bahwa IHSG dipengaruhi oleh beberapa variabel makroekonomi dan harga saham asing. Peningkatan indeks produksi industri dan inflasi akan meningkatkan IHSG, namun peningkatan nilai tukar (Rp/USD) akan menurunkan IHSG. Strait Times Index, Philippines Stock Exchange Index dan Dow Jones Industrial Average secara positif dan signifikan mempengaruhi IHSG, sementara itu Nikkei 225 dan Shanghai Composite Index berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IHSG. Kuala Lumpur Composite Index dan Stock Exchange of Thailand tidak signifikan berpengaruh terhadap IHSG. Hasil temuan ini mengindikasikan bahwa IHSG merupakan harga saham yang dapat dipengaruhi oleh variabel macroekonomi dan harga saham baik yang berasal

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.632 22/FEB/p/2016/041612159
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jan 2017 14:11
Last Modified: 19 Jan 2017 14:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155770
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item