Sistem Remunerasi BLU dan Perubahan Organisasi Pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang (Kajian Berbasis Institutional Theory).

Fadila, Rizki (2016) Sistem Remunerasi BLU dan Perubahan Organisasi Pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang (Kajian Berbasis Institutional Theory). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelembagaan atas penerapan remunerasi BLU Polkesma serta implikasinya terhadap perubahan organisasi Polkesma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian studi kasus di bawah paradigma post positivis. Untuk menganalisis perubahan organisasi yang terjadi pada Polkesma dalam rangka penerapan remunerasi BLU digunakan Institutional Theory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya desakan dan aturan-aturan hukum yang mengikat dan diberlakukan oleh Pemerintah Pusat dalam penerapan sistem remunerasi BLU menggambarkan terjadinya gejala Institutional Isomorphism yang sifatnya coercive. Selain itu, hasil belajar dari satuan kerja BLU lain yang telah menerapkan remunerasi BLU ditunjang dengan adanya kerja sama antara Tim Penyusun Remunerasi BLU Polkesma dengan Tim Pendamping Remunerasi PPK BLU serta Konsultan Remunerasi dalam proses penerapan remunerasi BLU Polkesma juga menggambarkan gejala institutional isomorphism yang sifatnya mimetic dan normative. Penerapan remunerasi BLU Polkesma diyakini akan mampu mendorong perubahan organisasi yang meliputi perubahan nilai-nilai manajemen, SDM, prosedural, teknologikal, dan struktur organisasinya.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/331.216 4/FAD/s/2016/041606082
Subjects: 300 Social sciences > 331 Labor economics > 331.2 Conditions of employment
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Dec 2016 09:23
Last Modified: 26 Jan 2022 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155636
[thumbnail of Rizki Fadila.pdf]
Preview
Text
Rizki Fadila.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item