Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan dengan Keputusan Investasi sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris terhadap Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-20

Rini, IndahSulistyo (2016) Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan dengan Keputusan Investasi sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris terhadap Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-20. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan keputusan investasi sebagai variabel intervening. Struktur kepemilikan diproksikan dengan struktur kepemilikan manajerial dan struktur kepemilikan institusional. Keputusan investasi diproksikan dengan Market to Book Value of Assets. Nilai perusahaan diproksikan dengan Price to Book Value. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2008- 2014. Pemilihan sampel dalam penelitian ini berdasarkan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya agar sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan kriteria tersebut terdapat 99 perusahaan per tahun yang memenuhi persyaratan pada periode penelitian 2008-2014. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh pada keputusan investasi, sedangkan keputusan investasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Keputusan investasi bukan merupakan variabel yang memediasi hubungan antara struktur kepemilikan dengan nilai perusahaan. Temuan ini menguatkan penelitian terdahulu yang menemukan adanya kosentrasi kepemilikan pada struktur kepemilikan perusahaan di Indonesia, sehingga belum terdapat pemisahan yang jelas antara strukutur kepemilikan perusahaan publik indonesia dengan kontrol perusahaan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/331. 216 49/RIN/p/2016/041607137
Subjects: 300 Social sciences > 331 Labor economics
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Dec 2016 12:48
Last Modified: 06 Dec 2016 12:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155622
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item