Peran Moderasi Persepsi Risiko Dalam Model Penerimaan Teknologi Layanan Jejaring Sosial Berbasis Lokasi: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Anggraeni, Rila (2015) Peran Moderasi Persepsi Risiko Dalam Model Penerimaan Teknologi Layanan Jejaring Sosial Berbasis Lokasi: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis model penerimaan teknologi yang teridiri atas variabel persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, niat penggunaan, dan penggunaan aktual dalam penggunaan layanan jejaring sosial berbasis lokasi di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Persepsi risiko ditambahkan sebagai variabel yang memoderasi hubungan antara persepsi kemudahan penggunaan dan niat penggunaan serta variabel yang memoderasi hubungan antara persepsi kegunaan dan niat penggunaan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang pernah menggunakan layanan jejaring sosial berbasis lokasi (location based social networking service). Sampel penelitian yaitu 100 mahasiswa yang menggunakan layanan jejaring sosial berbasis lokasi minimal sekali dalam seminggu. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan analisis data menggunakan SEM-PLS dengan WarpPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap niat penggunaan jejaring sosial berbasis lokasi, persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap niat penggunaan jejaring sosial berbasis lokasi, persepsi risiko memoderasi hubungan persepsi kemudahan penggunaan dan niat penggunaan, persepsi risiko tidak memoderasi hubungan persepsi kegunaan dan niat penggunaan, dan niat penggunaan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan aktual layanan jejaring sosial berbasis lokasi. Kata Kunci: Layanan jejaring sosial berbasis lokasi, Model penerimaan teknologi, Pengaruh moderasi, Persepsi risiko, WarpPLS

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/330/ANG/p/2015/041504423
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Sep 2015 12:22
Last Modified: 22 Sep 2015 12:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155617
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item