Pengaruh Etika Bisnis terhadap Daya Saing Pengusaha Kecil Suku Madura (Studi Kasus di Kota Malang dan Kota Surabaya)

Tsabit, AhmadMajdi (2012) Pengaruh Etika Bisnis terhadap Daya Saing Pengusaha Kecil Suku Madura (Studi Kasus di Kota Malang dan Kota Surabaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia usaha yang semakin berkembang membutuhkan pengelolaan yang semakin baik dan mendukung terciptanya iklim bisnis yang baik dan sehat. Etika bisnis tidak disangkal lagi memiliki peran yang sangat besar dalam hal tersebut. Etika bisnis berperan sangat besar karena fungsinya yang jika dapat diterapkan secara konsisten dapat membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai yang tinggi. Dengan melaksanakan etika yang benar, akan terjadi keseimbangan hubungan antara pengusaha dengan masyarakat, pelanggan, pemerintah, dan pihak-pihak yang berkepentingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh etika bisnis dan Kewirausahaan stratejik terhadap daya saing, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Surabaya dan Kota Malang dengan menggunakan metode Random Sampling, dengan jumlah sampel sebesar 40 responden. Sampel penelitian adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi, yaitu Pengusaha Madura yang berada di Surabaya dan di Malang. Sedangkan metode yang digunakan untuk menguji dan menganalisis data adalah analisis jalur ( path analysis ) dengan menggunakan bantuan software SPSS ( Statistical Package for Social Science ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Etika Bisnis dan Kewirausahaan Stratejik berpengaruh terhadap Daya Saing, baik secara langsung maupun tidak. Dan dari hasil penelitian tersebut menerangkan bahwa pengaruh yang paling kuat bersumber dari etika bisnis terhadap kewirausahaan strategik.

English Abstract

Growing business world needs better management and creates good and healthy business sphere. These are ordered by business ethics which plays important role. Business ethic has important role because of its function can build strong company, has higly competition and the ability to create high value if the business ethic can implemented consistenly. Implementing the right ethics will create the balance relationship between entrepreneur and society, customer, government and person concerned. The aim of the research is to test and to unalyze the influence of the business ethic and business strategy to competitiviness directly and indirectly. This research uses random sampling method and take sample of 40 respondents in Malang and Surabaya city. Study sample is part of number and characteristic owned by population namely maduranese entrepreneur in Surabaya and Malang. In order sidem ti test and to analyze data use path analysis as method with the help of software SPSS (Statisical package for social science). The result of this research shows: business ethic and business strategy are influence to competitiveness directly and indirectly. The result of research explains that strongest influence comes from business ethic to business strategy.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/174.4/TSA/p/041204694
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 174 Occupational ethics > 174.4 Business ethics
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 02 Jan 2013 08:59
Last Modified: 02 Jan 2013 08:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155471
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item