Pengembangan Metode Case Based Reasoning Dengan Algoritma Nearest Neighbor Pada Relational Database Sistem Penanganan Komplain Penyewa Mall (Studi Kasus : Maspion Square Mall, Surabaya)

Kartikasari, Meivi (2016) Pengembangan Metode Case Based Reasoning Dengan Algoritma Nearest Neighbor Pada Relational Database Sistem Penanganan Komplain Penyewa Mall (Studi Kasus : Maspion Square Mall, Surabaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan penyewa pada suatu mall adalah kecepatan dan ketepatan pelayanan yang diberikan oleh manajemen mall dalam menangani komplain, khususnya yang berhubungan dengan masalah operasional penyewa dalam menjalankan bisnisnya. Adanya berbagai permasalahan komplain tentunya membutuhkan tingkat penanganan yang berbeda-beda dan pendelegasian yang tepat kepada departemen yang terkait. Selama ini di Maspion Square Mall, pihak manajemen yang menangani komplain hanya mengandalkan pada beberapa orang saja yang dianggap mampu untuk menangani kasus penyewa. Hal ini dikarenakan belum adanya sebuah metode yang tepat untuk menyimpan semua knowledge yang dimiliki oleh masing-masing personil, khususnya dalam hal menentukan solusi dari kasus yang ada. Permasalahan lain yang muncul pada kasus komplain penyewa adalah adanya data-data yang masih bersifat semi terstruktur. Dimana masih terdapat kasus yang tertimbun begitu saja dan belum dikelola secara baik, sehingga tidak bisa digunakan kembali sebagai acuan dalam menyelesaikan kasus-kasus yang serupa. Case Based Reasoning (CBR) merupakan metode untuk menyelesaikan masalah dengan mengingat kejadian-kejadian yang sama (similar) yang pernah terjadi dimasa lalu, kemudian menggunakan pengetahuan/informasi tersebut untuk menyelesaikan masalah yang baru. Penyelesaian masalah dengan CBR memiliki tahapan-tahapan yang disingkat menjadi 4 Re, yaitu retrieve, reuse, revise, dan retain. Proses mencari kemiripan antar kasus (retrieve) menggunakan algoritma nearest neighbor yang merupakan teknik sederhana untuk mencari jarak terdekat dari tiap-tiap kasus (cases) yang ada di dalam database. Alternatif untuk membantu manajemen mall dalam memecahkan masalah penanganan komplain penyewa adalah dengan mengembangkan sistem basis data relasional dengan metode CBR dan algoritma nearest neighbor, menjadi sebuah sistem pengelolaan komplain (Sipenkom) yang berbasis customer relationship management (CRM). Sipenkom bertujuan untuk memudahkan penyewa dalam menyampaikan permasalahannya kepada pengelola mall. Pengembangan metode tersebut dapat membantu Maspion Square Mall, sehingga berdampak pada peningkatkan pelayanan penanganan komplain mencapai lebih dari 85%.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/006.333/KAR/p/2016/041606001
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Aug 2016 14:14
Last Modified: 01 Aug 2016 14:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155445
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item