Analisis dan Implementasi Kriptografi Gabungan Triple Vigenere Cipher dan Kriptografi ElGamal Menggunakan Citra Digital sebagai Kunci

Negara, IKomangRinarthaYasa (2011) Analisis dan Implementasi Kriptografi Gabungan Triple Vigenere Cipher dan Kriptografi ElGamal Menggunakan Citra Digital sebagai Kunci. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kriptografi digunakan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi pada saat ini komunikasi yang sering digunakan adalah komunikasi melalui internet. Dalam penggunaanya, tidak menutup kemungkinan terdapat informasi-informasi rahasia yang tidak diperuntukkan kepada masyarakat umum, sehingga dibutuhkan suatu pengamanan informasi agar informasi yang bersifat rahasia dan penting dapat terjamin keamanannya dan utuh diterima oleh orang-orang yang menggunakannya. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam mengamankan pengiriman informasi, yaitu dengan menyandikan informasi menjadi kode-kode yang tidak dengan mudah dimengerti oleh orang-orang yang tidak berkepentingan. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah algoritma kriptografi yang merupakan gabungan dari kriptografi Triple Vigenere Cipher dengan kriptografi ElGamal. Pada umumnya pengamanan data hanya menggunakan kunci berupa angka maupun huruf, namun pada penelitian ini dikembangkan pula kunci yang berupa citra dijital. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kriptografi Triple Vigenere Cipher dan kriptografi ElGamal dapat digabungkan sehingga membentuk sebuah algoritma kriptografi yang baru, yang dilakukan dengan mengubah model matematis pada masing-masing algoritma kriptografi tersebut. Pada penelitian ini, pesan yang diamankan berupa pesan gambar dengan tipe bitmap dan jpeg. Hasil dekripsi pesan yang diamankan dengan menggunakan algoritma kriptografi gabungan memiliki tingkat kesamaan 100% untuk pesan gambar bitmap dan tingkat kesamaan bervariasi untuk pesan gambar jpeg.

English Abstract

Cryptography commonly use in our life, especially on internet communication. On internet communication there are many possibilities of secret information which is not allowed to the public, therefore it needs an information security for the information that is confidential and important to its safe and intact accepted by the users. One way that can be used in securing the delivery of information, is encryption of codes that are not easily to be understood. The research proposes a cryptographic algorithm which is a combination of cryptographic Triple Vigenere Cipher with ElGamal cryptography. In general, data security using key that contain only a number and letter, but in this research also developed a key in the form of digital images. From the results, Triple Vigenere Cipher cryptography and ElGamal cryptography can be combined in order to form a new cryptographic algorithm, which is done by changing the mathematical model in each of these cryptographic algorithms. In this research, the message is secured in the form of a picture message with the type of bitmap and jpeg. The result of decryption of secured messages using combined cryptographic algorithms have 100% similarity level to the original bitmap picture messages and the level of similarity varies for jpeg picture messages.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/005.82/NEG/a/041102867
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.8 Data security
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 07 Oct 2011 17:14
Last Modified: 07 Oct 2011 17:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155418
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item