Perbandingan Grafik Kendali T2 Hotelling Pendekatan Bootstrap Dan Pendekatan Fungsi Densitas Kernel Pada Data Berdistribusi Non-Normal Multivariat

Syah, HafidArdian (2017) Perbandingan Grafik Kendali T2 Hotelling Pendekatan Bootstrap Dan Pendekatan Fungsi Densitas Kernel Pada Data Berdistribusi Non-Normal Multivariat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengendalian kualitas proses produksi merupakan faktor penting dalam kegiatan industri. Dengan adanya pengendalian kualitas produk diharapkan perusahaan dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan spesifikasi. Salah satu alat pengendalian kualitas adalah dengan menggunakan grafik kendali. Grafik kendali T2 Hotelling merupakan grafik yang berguna dalam memonitor rata-rata proses produksi dengan asumsi normal multivariat yang harus dipenuhi. Pada penelitian ini digunakan data berdistribusi non-normal multivariat dalam mensimulasikan kinerja dari grafik kendali T2 Hotelling dengan pendekatan bootstrap dan pendekatan fungsi densitas kernel yang dapat digunakan ketika data tidak berdistribusi normal multivariat atau tidak diketahui distribusinya. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa kualitas solar 45 yaitu Density, Destilasi T90, Titik Nyala dan Titik Tuang. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kinerja grafik kendali T2 Hotelling pendekatan bootstrap dan pendekatan fungsi densitas kernel berdasarakan banyaknya titik yang out of control dan kriteria nilai ARL0 dalam mendeteksi sinyal out of control pada data yang tidak berdistribusi normal multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada grafik kendali T2 Hotelling pendekatan bootstrap dan fungsi densitas kernel sama-sama mendeteksi 2 titik sampel yang out of control. Hal ini mengindikasikan terdapat satu atau kombinasi dari variabel karakteristik dalam keadaan tidak terkendali secara statistik. Berdasarkan perbandingan nilai ARL0, kinerja grafik kendali T2 Hotelling pendekatan fungsi densitas kernel relatif sama jika dibandingkan dengan grafik kendali T2 Hotelling pendekatan bootstrap dalam mendeteksi sinyal out of control pada keadaan non-normal multivariat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/49/051700895
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Feb 2017 09:28
Last Modified: 06 Feb 2017 09:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155302
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item