Model Markov Chain Dalam Menganalisa Perpindahan Merek Pada Konsumen Sepatu (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Brawijaya)

Dewi, KalinaRatna (2017) Model Markov Chain Dalam Menganalisa Perpindahan Merek Pada Konsumen Sepatu (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rantai Markov merupakan model untuk memprediksi pasar produk dalam jangka panjang dan juga untuk mengetahui loyalitas merek suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang perpindahan konsumen merek sepatu ke merek sepatu lainnya dan memprediksi pangsa pasar sepatu untuk beberapa periode mendatang. Merek yang digunakan pada penelitian ini adalah Fladeo, Nevada, Triset, Yongki Komaladi, Connexion. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner pada mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Brawijaya. Total sampel dalam penelitian ini adalah 90 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh prediksi pangsa pasar untuk waktu mendatang dalam populasi mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Brawijaya di peroleh kondisi steady state pada transisi ke 5 atau pada tahun 2026 bahwa merek sepatu Nevada menjadi pemimpin pasar sebesar 25,93% diikuti merek Fladeo sebesar 24,91% kemudian merek Yongki Komaladi sebesar 18,94% lalu merek Connexion sebesar 16,55% dan yang terakhir merek Triset sebesar 13,66%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/46/051700892
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Feb 2017 08:29
Last Modified: 15 Aug 2023 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155299
[thumbnail of KALINA RATNA DEWI.pdf] Text
KALINA RATNA DEWI.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item