Pemilihan Kriteria Dominan Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Bisnis Kuliner Menggunakan Kombinasi Metode Dematel-Based Anp (Danp) Dan Vikor

Sumbuasih, Nila (2017) Pemilihan Kriteria Dominan Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Bisnis Kuliner Menggunakan Kombinasi Metode Dematel-Based Anp (Danp) Dan Vikor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini digunakan analisis keputusan model Multiple Criteria Decision Making (MCDM) yang mengkombinasikan metode Decision Making Trial and Evolution Laboratory (DEMATEL), DEMATEL-based Analytical Network Programming (ANP), dan Visekriterijumsko Kompromisno Rangiranje (VIKOR) untuk menyelesaikan permasalahan terkait pengembangan strategi bisnis kuliner dengan kriteria yang digunakan adalah inovasi produk atau menu, penentuan harga, lokasi, fasilitas, penjaminan mutu, jumlah tenaga kerja, dan stabilitas harga. Tahap pertama metode DEMATEL menghasilkan inovasi produk atau menu sebagai kriteria dominan yang mempengaruhi semua kriteria. Tahap kedua metode DEMATEL-based ANP (DANP) menghasilkan jumlah tenaga kerja dan stabilitas harga sebagai bobot kriteria paling berpengaruh. Tahap terakhir metode VIKOR menghasilkan analisis ranking strategi peningkatan bisnis kuliner pada masing-masing alternatif. Pada Depot Mie Setan dilihat dari segi dimensi prioritas yang harus diperbaiki adalah aspek produksi, dilihat dari segi kriteria prioritas yang harus diperbaiki adalah fasilitas. Pada Depot Mie Galau dilihat dari segi dimensi prioritas yang harus diperbaiki adalah aspek ekonomi dan sosial, dilihat dari segi kriteria prioritas yang harus diperbaiki adalah lokasi. Pada Depot Mie Jogging dilihat dari segi dimensi prioritas yang harus diperbaiki adalah aspek produksi, dilihat dari segi kriteria yang harus diperbaiki adalah fasilitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/45/051700891
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Feb 2017 08:14
Last Modified: 06 Feb 2017 08:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155298
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item