Pengaruh Pembebanan Peg 400 Dengan Variasi Viskositas Larutan Pada Skala Mikroliter Terhadap Frekuensi Sensor Qcm (Quartz Crystal Microbalance) Dengan Sifat Hidrofobik Di Permukaan Polistiren

Purbaya, SitiMiranti (2017) Pengaruh Pembebanan Peg 400 Dengan Variasi Viskositas Larutan Pada Skala Mikroliter Terhadap Frekuensi Sensor Qcm (Quartz Crystal Microbalance) Dengan Sifat Hidrofobik Di Permukaan Polistiren. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Quartz Crystal Microbalance adalah sensor sensitif yang bekerja mendeteksi perubahan massa pada permukaan kristal. QCM dimodifikasi pada permukaan menggunakan polistiren dengan pelarut kloroform dengan konsentrasi 3% agar didapatkan permukaan hidrofobik yang mempunyai sudut kontak lebih dari 90°. Pelapisan polistiren dilakukan dengan menggunakan teknik spin coating. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi perubahan frekuensi ketika cairan diletakan di atas permukaan sensor QCM yang berada di dalam konstruksi sel tertutup dengan metode injeksi cairan menggunakan mikroliter pump hanya satu sisi permukaan QCM yang dibebani larutan. Cairan yang dipakai yaitu polyethylene glycol dengan berat molekul 400. Pergeseran frekuensi yang terukur diamati dan mengetahui perilaku antarmuka dari larutan PEG 400. Nilai densitas dan viskositas didapatkan dari perubahan frekuensi sensor QCM yang sebanding dengan akar kuadrat dari produk (ρη). Hasil dari penelitian ini menunjukkan perubahan frekuensi semakin meningkat dengan meningkatnya variasi konsentrasi dan viskositas larutan PEG 400.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/174/051702721
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Mar 2017 14:23
Last Modified: 22 Mar 2017 14:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155219
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item