Aplikasi Metode Rantai Markov Dan Multidimensional Scaling (Mds) Dalam Menganalisis Brand Switching Dan Brand Positioning Operator Seluler Gsm (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Matematika Universita

Alrianti, FitriSandy (2016) Aplikasi Metode Rantai Markov Dan Multidimensional Scaling (Mds) Dalam Menganalisis Brand Switching Dan Brand Positioning Operator Seluler Gsm (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Matematika Universita. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan ketat antar merek operator seluler mengharuskan masing-masing perusahaan perlu mengetahui perpindahan merek untuk setiap periode dan posisi masing-masing merek menurut persepsi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui probabilitas perpindahan merek dengan metode rantai Markov dan mengetahui posisi masing-masing merek menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS). Rantai Markov merupakan metode yang digunakan untuk memprediksi probabilitas pengguna suatu merek pada saat ini maupun di masa mendatang. MDS merupakan metode yang dapat mentransformasi tanggapan konsumen melalui kemiripan atau preferensinya ke dalam jarak yang direpresentasikan pada ruang multidimensi. Merek yang digunakan pada penelitian ini adalah Simpati, AS, IM3, Mentari, XL, Axis, dan Three. Variabel yang digunakan untuk mengetahui posisi masing-masing merek menurut persepsi konsumen meliputi paket internet, sinyal, biaya telepon dan SMS, serta layanan konsumen masing-masing merek. Diperoleh prediksi probabilitas pengguna merek GSM pada keadaan stasioner, yaitu pengguna merek Simpati sebesar 24,5%, AS 5,6%, IM3 30,6%, Mentari 4,3%, XL 13,5%, Axis 11,7% dan Three 9,8%. Menurut persepsi konsumen, merek GSM prabayar yang memiliki keunggulan sinyal kuat dan pelayanan konsumen yang memuaskan adalah Simpati dan AS. Merek IM3 dan Mentari unggul dalam biaya telepon dan SMS yang murah. Tujuh merek GSM prabayar memiliki fitur paket internet menarik.

English Abstract

Competition between mobile operators brand requires each company needs to know the brand switching for each period and the position of each brand according to consumer perceptions. This study aims to determine the probability of brand switching by the method of Markov chains and determine the position of each brand using the method of multidimensional scaling (MDS). Markov chain is a method used to predict the probability of a brand now and in the future. MDS is a method that can transform consumer responses through similarity or preference to the distance represented in a multidimensional space. Brand used in this study is Simpati, AS, IM3, Mentari, XL, Axis, and Three. The variables used to determine the position of each brand according to consumer perceptions include internet package, signaling, call charges and SMS, as well as consumer services of each brand. Retrieved prediction probability brand GSM users in a stationary state, the consumer brand Simpati 24,5%, AS 5,6%, IM3 30,6%, Mentari 4,3%, XL 13,5%, Axis 11,7% dan Three 9,8%. According to consumer perception, GSM prepaid brands that have strong signals excellence and outstanding customer service is the sympathy and the US. IM3 and Mentari brand excels in call charges and SMS is cheap. The seven brands of GSM prepaid internet package attractive features.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/79/ 051603427
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Apr 2016 10:56
Last Modified: 20 Apr 2016 10:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155112
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item