Kontrol Optimal Pada Penyebaran Influenza Dengan Beberapa Strategi Kontrol

Isnaini, `Amalia (2016) Kontrol Optimal Pada Penyebaran Influenza Dengan Beberapa Strategi Kontrol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini dibahas kontrol optimal pada penyebaran influenza dengan beberapa strategi kontrol, yaitu vaksinasi, isolasi, pengobatan dengan antivirus, dan pengobatan ketika rawat inap. Tujuan kontrol optimal adalah untuk meminimumkan jumlah subpopulasi yang terinfeksi dan subpopulasi yang diobati serta biaya kontrol yang diberikan. Kontrol optimal diperoleh dengan menerapkan Prinsip Maksimum Pontryagin, kemudian diselesaikan secara numerik dengan metode Sweep Maju-Mundur. Hasil simulasi numerik menunjukkan bahwa dengan menggunakan nilai bobot yang sama, kombinasi antara kontrol berupa pengobatan dengan antivirus dan pengobatan ketika rawat inap menunjukkan hasil yang paling efektif dalam meminimumkan subpopulasi yang terinfeksi dan subpopulasi yang diobati. Kombinasi antara kontrol berupa vaksinasi, isolasi, pengobatan dengan antivirus, dan pengobatan ketika rawat inap menunjukkan hasil yang paling efektif dalam meminimumkan subpopulasi yang terinfeksi dan subpopulasi yang diobati jika menggunakan nilai bobot ?1=1.5, ?2=1.1, ?3=0.1, dan ?4=0.3.

English Abstract

This final project presents an optimal control of influenza spread by multiple control strategies those are vaccination, isolation, antiviral treatment, and hospitalization treatment. The purpose of optimal control is to minimize the amount of infected subpopulations and treated subpopulations as well as the cost of controller that given. Optimal control is obtained by applying the Pontryagin maximum principle, then it is solved by the Forward-Backward Sweep method. The numerical simulation shows that using the same weight constant, combination of antiviral treatment and hospitalization treatment are the most effective way to reduce the number of infected and treated subpopulations. The combination of vaccination, isolation, antiviral treatment, and hospitalization are the most effective way to reduce the number of infected and treated subpopulations if the weight constant is ?1=1.5, ?2=1.1, ?3=0.1, and ?4=0.3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/62/ 051603410
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 19 Apr 2016 15:13
Last Modified: 19 Apr 2016 15:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155093
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item