Optimasi Hasil Tanaman Palawija Dengan Pendekatan Goal Programming (Studi Kasus Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Malang)

Nugroho, FebriansyahDwi (2016) Optimasi Hasil Tanaman Palawija Dengan Pendekatan Goal Programming (Studi Kasus Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu cara alternatif yang bisa diambil untuk memenuhi kebutuhan pangan adalah meningkatkan potensi produksi tanaman dengan memanfaatkan lahan kering untuk budidaya tanaman palawija seperti jagung, kedelai, kacang tanah, dan ubi jalar. Menurut data yang diperoleh dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang, sebagian besar wilayah Kabupaten Malang merupakan wilayah yang cocok untuk budidaya tanaman palawija. Tentunya petani atau pemilik lahan berharap untuk mendapatkan hasil yang optimal dari budidaya palawija tersebut. Pada skripsi ini akan dibahas suatu model untuk mencapai tujuan-tujuan yang ingin dipenuhi sehingga dapat memperoleh hasil pertanian palawija yang optimal di Kabupaten Malang dengan menggunakan metode Goal Programming. Goal Programming dilakukan dengan menetapkan nilai target yang ingin dicapai untuk masing-masing tujuan, merumuskan atau membuat model fungsi tujuan untuk masingmasing tujuan dan memberikan solusi target (goal) yang ditetapkan untuk setiap tujuan atau sekumpulan tujuan. Perhitungan pada skripsi ini dilakukan menggunakan software LINGO yang menunjukkan hasil optimal sebesar =5713,643 dengan dua sasaran yang tercapai yaitu harga jual keempat tanaman mencapai Rp15.100/Kg serta biaya produksi tiap Hektar keempat tanaman tersebut sejumlah Rp33.475.000. Pencapaian tujuan (goal) mengoptimasikan pola tanam, petani menanam jenis komoditas palawija berupa jagung dan

English Abstract

Increasing the potential of crops production by utilize dryland for cultivating palawija crops like corn, soybeans, peanuts, and sweet potatoes was an alternative way could be taken to meet food needs. According to the data obtained from the Department of Agriculture and Plantation of Malang Regency, most of the area of Malang Regency were suitable for cultivating palawija crops. Absolutely the farmers or the land owners hoped to get optimum results of the cultivation. This study presented a model formatted to optimize the production of palawija cultivation in Malang Regency. The model was derived from the method of Goal Programming which was the expected goals had different levels of priority or need. The calculation which was done using LINGO showed that the optimum result was =5713,643with two goals reached the selling price and the production cost were IDR 15,100 and IDR 33,475,000, respectively. While the optimum goals would be reached while the farmers optimize the cropping patterns by cropping corn and soybeans.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/568/ 051610453
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 24 Oct 2016 14:12
Last Modified: 01 Nov 2022 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155086
[thumbnail of FEBRIANSYAH DWI NUGROHO.pdf] Text
FEBRIANSYAH DWI NUGROHO.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item