Karakterisasi Reservoir Seismik Dengan Metode Inversi Impedansi Akustik Dan Analisa Seismik Multiatribut Untuk Menentukan Distribusi Reservoir Batupasir Formasi Talang Akar Pada Lapangan “Al-Khalifi”,

Hutabarat, JonathanAchmad (2017) Karakterisasi Reservoir Seismik Dengan Metode Inversi Impedansi Akustik Dan Analisa Seismik Multiatribut Untuk Menentukan Distribusi Reservoir Batupasir Formasi Talang Akar Pada Lapangan “Al-Khalifi”,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian karakterisasi reservoir seismik telah dilakukan pada lapangan “Al-Khalifi” yang berada pada Sub-Cekungan Palembang Selatan, Cekungan Sumatera Selatan dimana penelitian ini berfokus pada Formasi Talang Akar. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data seismik 3D dan 4 data sumur beserta beberapa data pendukung lainnya. Analisa data sumur menunjukkan bahwa reservoir batupasir prospek berada pada lapisan S dengan kontak batas antara minyak dan air berada pada kedalaman 1475,5 m. Karakteristik reservoir batupasir prospek merupakan low impedance sand dengan nilai impedansi akustik dibawah 9000 ((g/cc)*(m/s)) dan densitas kurang dari 2,5 g/cc. Peta distribusi reservoir dibuat berdasarkan cube impedansi akustik yang telah dibuat dengan menggunakan metode seismik inversi model-based dan cube densitas yang telah dibuat dengan menggunakan analisis seismik multiatribut. Dari peta distribusi reservoir yang telah dibuat dapat diketahui bahwa persebaran reservoir batupasir lapisan “S” tersebar dengan arah timur laut-barat daya.

English Abstract

Seismic reservoir characterization research has been conducted in “Al-Khalifi” field where located in South Palembang Sub-Basin, South Sumatera Basin. This research is focuses on Talang Akar Formation. The data used in this research are 3D seismic data, 4 well data, and other supporting data. Well analysis show that sandstone reservoir prospect is on the S marker and the the depth of oil-water contact is on 1475,5 meter and the sandstone reservoir prospect is low impedance sand with acoustic impedance value below 9000 ((g/cc)*(m/s)) and density below 2,5 g/cc. Reservoir distribution map made from acoustic impedance cube has been made using seismic inversion model based method and density cube has been made with seismic multiatribute analysis. Reservoir distribution map known that reservoir prospect distribution on S marker has a north-east to south-west direction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/541/051700243
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 26 Jan 2017 09:08
Last Modified: 26 Jan 2017 09:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155080
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item