Penentuan Metode Terbaik Dalam Menduga Parameter Inverse Weibull Distribution (Iwd) Pada Analisis Reliabilitas (Studi Kasus Waktu Kerusakan Yang Tidak Diketahui Dengan Interval Kerusakan Yang Tidak T

Anandra, IgaAyuTiya (2016) Penentuan Metode Terbaik Dalam Menduga Parameter Inverse Weibull Distribution (Iwd) Pada Analisis Reliabilitas (Studi Kasus Waktu Kerusakan Yang Tidak Diketahui Dengan Interval Kerusakan Yang Tidak T. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis reliabilitas merupakan salah satu analisis statistika yang dapat diterapkan pada data tahan hidup untuk menentukan peluang suatu mesin atau komponen tidak mengalami kerusakan setelah pemakaian pada periode waktu tertentu. Salah satu distribusi yang dapat digunakan dalam analisis reliabilitas adalah Inverse Weibull Distribution (IWD). Kerusakan komponen yang beroperasi dapat diamati dengan dua cara yaitu pada saat interval kerusakan yang telah ditetapkan dan interval kerusakan yang tidak ditetapkan. Kerusakan yang terjadi pada komponen tidak dapat diketahui dengan pasti apabila tidak dimungkinkan adanya pengamatan secara langsung. Waktu terjadinya kerusakan yang tidak diketahui ini apabila dikaitkan dengan interval kerusakan yang tidak ditetapkan dengan data kerusakan berdistribusi inverse weibull akan menimbulkan suatu permasalahan yaitu cara menduga parameter IWD untuk kasus waktu kerusakan yang tidak diketahui dengan interval kerusakan yang tidak ditetapkan. Metode pendekatan yang digunakan untuk menduga parameter IWD pada kasus waktu kerusakan yang tidak diketahui dengan interval kerusakan yang tidak ditetapkan melalui teknik simulasi adalah metode Piecewise Linear Distribution Function (PLDF) dan Average Interval Failure Rate (AIFR). Proses simulasi menggunakan 12 skenario penelitian pada kondisi parameter skala = (0,6;1), parameter bentuk = (0,5;0,8;1;2;3), N = 30 dan 50 komponen serta ulangan sebanyak 100 kali dengan bantuan software R. Hasil simulasi berupa nilai MSE dan ragam yang menunjukkan bahwa metode PLDF sesuai digunakan pada kondisi parameter bentuk dan metode AIFR dapat digunakan pada saat .

English Abstract

Reliability analysis is one of statistics analysis which can be applied in lifetime data for determining the probability of any machine or devices not to get failure after used in any periods. One of the distribution which can be used in reliability analysis is Inverse Weibull Distribution (IWD). The failure of operating components is known by observing in two ways, by interval period is determined and interval period is not determined. Failure that happened on devices can not knowing exactly if it can not checking directly. The unknown time when the failures happened with the undetermined interval failures with data on distributed IWD have a problem that how to estimate IWD parameter for case on unknown time when the failures happened with irregular interval failures. The approach method can be used on simulation are PLDF and AIFR. Simulation process are using 12 scenario with condition scale parameter = (0,6;1), shape parameter = (0,5;0,8;1;2;3), N = 30 and 50 and 100 times of itteration using software R. Simulation result as the MSE and variance which showing that PLDF method fits on the condition of shape parameter and AIFR method can be used in .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/472/051610410
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Oct 2016 11:37
Last Modified: 27 Oct 2016 11:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155011
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item