Pembuatan Test Kit untuk Analisa Merkuri (II) pada Kosmetik

Wijaya, MegaMadha (2016) Pembuatan Test Kit untuk Analisa Merkuri (II) pada Kosmetik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Merkuri merupakan unsur kimia yang berbahaya untuk tubuh namun masih banyak digunakan untuk kosmetik khususnya krim pemutih. Pengujian merkuri pada kosmetik pada umumnya menggunakan instrumentasi yang mahal sehingga masyarakat tidak dapat mengetahui apakah krim yang dipakai bebas dari merkuri. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan test kit merkuri dengan cara pengompleksan merkuri dengan ditizon pada membran PTFE sebagai media ditizon. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dimensi optimum membran PTFE adalah 1x1 cm dengan jumlah 6 lapis, sedangkan hasil optimasi ditizon optimum adalah 0,003 % (b/v). Pada kondisi optimum tersebut Test kit mampu digunakan untuk mendeteksi 0–10 ppm merkuri dengan interval 1 ppm. Test kit ini sudah diterapkan untuk analisa merkuri pada kosmetik dengan membandingkan warna yang diperoleh dengan colour streep. Oleh karena itu, perlu diketahui disain yang sesuai dan kondisi optimumpembuatannya serta operasionalnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disain test kit memberikan hasil yang bagus terhadap merkuri 0-10 ppm dengan konsentrasi ditizon 0,03%

English Abstract

Mercury is a hazardous chemical element but it still be used in cosmetic whitening cream. Mercury testing of cosmetic, generally uses instrumentation that expensive so that society do not know whether the whithening cream they used free from mercury. In this research a merkuri test kit was developed by complexing merkuri with ditizon on PTFE membranes. optimal results for PTFE membrane dimension is 1x1 cm with 6 layers, while optimization for ditizon concentration result optimum 0.003% (w / v). Under the optimum condition the test kit can be used to detect 0-10 ppm mercury with interval 1 ppm. The test kit has already applied to determine mercury by comparing the colour of mercury(II)-ditizonat cosmetics sample with mercury standart colour streep with good result.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/467/051610405
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 04 Nov 2016 08:50
Last Modified: 04 Nov 2016 08:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155005
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item