Model Persediaan Probabilistik Dengan Mempertimbangkan Incremental Discount (Studi Kasus Di Pt Bangun Indah Graha Malang)

Ferdian, SitiMaharani (2016) Model Persediaan Probabilistik Dengan Mempertimbangkan Incremental Discount (Studi Kasus Di Pt Bangun Indah Graha Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persediaan menjadi faktor penting dalam dunia industri. Perusahaan harus menyediakan persediaan dalam jumlah yang tepat, agar mampu mendapatkan keuntungan yang optimal. Adanya incremental discount yang diterima oleh perusahaan, menjadikan perusahaan tertarik untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar. Pembelian dalam jumlah besar ini memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk memenuhi permintaan konsumen sekaligus meraih keuntungan yang besar. Namun, dampak buruk dari persediaan dalam jumlah besar adalah membengkaknya biaya persediaan. Untuk menghindari hal tersebut, perusahaan harus menyediakan persediaan dalam jumlah yang tepat sesuai permintaan yang diterima. Hal ini akan mudah apabila permintaan yang diterima bersifat konstan dan diketahui. Sayangnya, suatu perusahaan lebih sering menerima permintaan yang tidak pasti. Oleh karena itu, dalam skripsi ini akan dibuat model persediaan dengan permintaan probabilistik dan mempertimbangkan incremental discount. Model persediaan tersebut dapat digunakan untuk mengetahui kuantitas pemesanan optimal, safety stock optimal, serta reorder point optimal. Untuk mengaplikasikan model ini, dilakukan studi kasus pada PT Bangun Indah Graha Malang dan menghasilkan pemesanan optimal untuk item bak cuci piring (BCP) sejumlah 16 item, item keramik jenis STG (STG) 282 item dan item cairan pengisi sela keramik jenis ST (ST) 352 item. Safety stock untuk item BCP 4 item, item STG 7 item, dan ST 0 item. Reorder point untuk item BCP ketika persediaan mencapai 5 item, item STG 9 item, dan ST 4 item. Biaya total persediaan optimal untuk ketiga item yaitu Rp. 140.827.671.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/43/051603391
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Apr 2016 10:09
Last Modified: 21 Apr 2016 10:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154964
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item