Pemodelan Kreativitas Mahasiswa Dalam Berwirausaha Di Bidang Jasa Menggunakan Analisis Jalur (Studi Pada Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya)

Asokawati, Vika Ayu (2016) Pemodelan Kreativitas Mahasiswa Dalam Berwirausaha Di Bidang Jasa Menggunakan Analisis Jalur (Studi Pada Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia kini dihadapkan pada ancaman ledakan pengangguran terdidik yang semakin tinggi. Untuk menghadapi hal tersebut mahasiswa dituntut untuk memiliki kreativitas. Kreativitas merupakan kemampuan mengelola, memberdayakan dan menggunakan pengetahuan apapun yang dimiliki. Salah satu bentuk kreativitas mahasiswa adalah kreativitas mahasiswa dalam berwirausaha di bidang jasa. Kreativitas dalam berwirausaha merupakan modal penting seorang wirausaha karena kedepannya pasti akan mengahadapi pasar yang semakin kompetitif. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kreativitas dalam berwirausaha perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Salah satu metode statistika yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor tersebut adalah analisis jalur. Teori yang digunakan adalah teori Four P’s of Creativity yang dikembangkan oleh Rhodes. Berdasarkan teori tersebut terdapat 4 variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu person (pribadi), process (proses), press (motivasi) dan product (produk). Penelitian ini dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keragaman data yang dapat dijelaskan oleh model berdasarkan teori sebesar 53,25%. Faktor yang memberikan pengaruh besar dan signifikan terhadap produk kreatif yaitu pribadi yang mencerminkan wirausahawan kreatif dalam berwirausaha di bidang jasa. Sedangkan dorongan dari diri sendiri dan lingkungan dan proses kreatif memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap produk kreatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/232/051606838
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 16 Sep 2016 15:39
Last Modified: 10 Mar 2022 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154745
[thumbnail of cover_halaman.pdf]
Preview
Text
cover_halaman.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bagian_depan.pdf]
Preview
Text
Bagian_depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I,_II,_III,_IV,_V.pdf]
Preview
Text
BAB_I,_II,_III,_IV,_V.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item