Perbadingan Regresi Binomial Negatif Dan Regresi Zero-Inflated Poisson Dalam Menangani Overdispersi Pada Regresi Poisson (Overdispersi Yang Disebabkan Oleh Nilai Nol Dengan Peluang Kecil)

Damayanti, EkaFitria (2016) Perbadingan Regresi Binomial Negatif Dan Regresi Zero-Inflated Poisson Dalam Menangani Overdispersi Pada Regresi Poisson (Overdispersi Yang Disebabkan Oleh Nilai Nol Dengan Peluang Kecil). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis regresi Poisson digunakan untuk mengetahui bentuk hubungan antara peubah respon yang bersifat diskrit dan mengikuti sebaran Poisson dengan peubah prediktor yang bersifat diskrit, kontinyu, ataupun campuran. Regresi Poisson mengasumsikan bahwa ragam dan rata-rata dari peubah respon bernilai sama. Tetapi dalam praktiknya sering dijumpai bahwa ragam memiliki nilai yang lebih besar dari nilai rata-rata (overdispersi). Salah satu penyebab terjadinya overdispersi adalah banyaknya amatan yang bernilai nol pada peubah respon. Model regresi zero-inflated Poisson dan regresi binomial negatif dapat digunakan pada data yang mengalami overdispersi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model manakah yang lebih sesuai di antara kedua model dalam menangani kasus overdispersi. Digunakan kriteria nilai mutlak bias relatif dan nilai MSE terkecil untuk mengetahui model manakah yang lebih sesuai untuk permasalahan tersebut. Pada penelitian ini hanya terfokus pada overdispersi yang disebabkan oleh peluang amatan bernilai nol dengan peluang 0.1, 0.2, 0.3, dan 0.4. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa semakin besar peluang amatan bernilai nol maka akan menyebabkan nilai mutlak bias relatif dan nilai MSE pada regresi Poisson akan semakin besar. Selain itu, penduga parameter dengan menggunakan regresi zero-inflated Poisson memiliki nilai mutlak bias relatif dan nilai MSE yang terkecil. Sehingga dapat dikatakan bahwa model regresi zero-inflated Poisson lebih sesuai digunakan pada keadaan terdapatnya amatan bernilai nol pada peubah respon dengan peluang 0.1, 0.2, 0.3, dan 0.4.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/189/051605844
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Sep 2016 15:44
Last Modified: 16 Sep 2016 15:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154695
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item