Pemodelan Geographically Weighted Zero Inflated Poisson Regression (Gwzipr) Dengan Pembobot Adaptive Gaussian Kernel Dan Adaptive Bisquare Kernel

Faricha, Miftahul (2016) Pemodelan Geographically Weighted Zero Inflated Poisson Regression (Gwzipr) Dengan Pembobot Adaptive Gaussian Kernel Dan Adaptive Bisquare Kernel. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis Regresi Non Linier Yang Digunakan Pada Peubah Respon Berdistribusi Poisson Adalah Regresi Poisson. Perbedaan Karakteristik Geografis, Ekonomi, Sosial Dan Budaya Antar Lokasi Pengamatan Menyebabkan Heterogenitas Spasial. Analisis Spasial Yang Digunakan Untuk Mengatasi Heterogenitas Spasial Adalah Geographically Weighted Poisson Regression (Gwpr). Model Gwpr Tidak Dapat Digunakan Jika Terdapat Overdispersi. Terdapat Banyak Proporsi Nilai Nol Pada Peubah Respon Dapat Mengakibatkan Overdispersi, Maka Model Spasial Yang Dapat Digunakan Yaitu Geographically Weighted Zero Inflated Poisson Regression (Gwzipr). Dalam Pemodelan Ini, Diperlukan Jarak Antar Lokasi Dan Bandwidth Untuk Pembobotan Dalam Model. Fungsi Pembobot Yang Digunakan Adalah Fungsi Pembobot Adaptive Gaussian Kernel Dan Adaptive Bisquare Kernel. Berdasarkan Hasil Permodelan Terhadap Jumlah Kematian Ibu Usia Di Bawah 20 Tahun Di Jawa Timur Tahun 2013 Dapat Diketahui Bahwa Model Gwpr Terjadi Overdispersi. Sehingga, Model Yang Digunakan Adalah Gwzipr. Berdasarkan Hasil Permodelan, Diketahui Bahwa Peubah Yang Mempengaruhi Jumlah Kematian Ibu Usia Di Bawah 20 Tahun Di Jawa Timur Tahun 2013 Dengan Kedua Pembobot Pada Model Log Dan Logit Adalah Jumlah Puskesmas Dan Hipertensi Dalam Kehamilan. Kedua Pembobot Sama Baiknya Dalam Memodelkan Jumlah Kematian Ibu Usia Dibawah 20 Tahun Di Jawa Timur Tahun 2013.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/153/.051604334
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Sep 2016 09:29
Last Modified: 21 Mar 2022 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154655
[thumbnail of MIFTAHUL FARICHA.pdf]
Preview
Text
MIFTAHUL FARICHA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item