Optimasi Ternak Jenis Burung Dengan Metode Entropy-Topsis Dan Entropy-Electre (Studi Kasus : Peternakan Burung Kenari Milik Bapak Suwono, Lowokwaru, Malang)

Purbosari, Lina (2016) Optimasi Ternak Jenis Burung Dengan Metode Entropy-Topsis Dan Entropy-Electre (Studi Kasus : Peternakan Burung Kenari Milik Bapak Suwono, Lowokwaru, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegemaran memelihara burung juga semakin penting bilaila dikaitkan dengan usaha peternakan. Proses peternakan burung dipengaruhi oleh beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Hal tersebut menyebabkan peternak perlu memilih jenis burung yang sesuai dengan keinginan peternak untuk mencapai hasil yang memuaskan. Guna membantu peternak mempercepat dan mempermudah menentukan jenis burung yang diinginkan maka diperlukan suatu bentuk Sistem Pendukung Keputusan dan metode untuk meningkatkan kualitas sebuah keputusan. Entropy merupakan metode untuk pembobotan kriteria pada pemilihan ternak jenis burung kenari. Elimination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE), dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) adalah salah satu metode pengambilan keputusan melalui proses perankingan kriteria pada pemilihan ternak jenis burung kenari. Kriteria yang digunakan meliputi berat pakan, masa panen, harga jual, kesulitan pemeliharaan dan minat konsumen. Hasil dari kedua metode tersebut dibandingkan dan dianalisa keuntungannya. Berdasarkan hasil analisis yang telah diperoleh Metode Entropy-TOPSIS dengan Metode Entopy-ELECTRE menghasilkan jenis burung yang disarankan untuk proses peternakan selanjutnya adalah Bolder, Scotch Fancy, Blacktroath. Sedangkan jenis burung Yorkshire berada pada ranking terbawah pada Metode Entropy-TOPSIS, pada Metode Entopy-ELECTRE jenis burung Mozambik tidak diterima untuk dijadikan sebagai saran alternatif pada proses peternakan. Analisa kriteria yang terbaik adalah jenis burung Scotch Fancy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/15/051603363
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Apr 2016 11:07
Last Modified: 20 Apr 2016 11:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154651
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item