Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Tni-Al) Berpangkat Bintara Untuk Menjadi Perwira Dengan Menggunakan Regresi Cox Terstratifikasi

Airlangga, Dhawarasati (2016) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Tni-Al) Berpangkat Bintara Untuk Menjadi Perwira Dengan Menggunakan Regresi Cox Terstratifikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) adalah salah satu cabang angkatan perang yang bertanggung jawab atas keamanan dan pertahanan Negara Republik Indonesia matra laut. Sebagai angkatan perang, TNI AL diwajibkan memiliki personil prajurit yang handal dan profesional. Dalam membentuk prajurit yang handal dan profesional tentu kesejahteraan anggota perlu diperhatikan. Dalam hal ini, sudah barang tentu bahwa kesejahteraan dan pendapatan seorang perwira akan lebih baik dari pada golongan kepangkatan di bawahnya. Bagi seorang prajurit bintara untuk mencapai taraf kesejahteraan hidup yang lebih baik, seorang prajurit bintara akan berusaha menjadi prajurit perwira. Berkaitan dengan permasalahan yang telah dijabarkan di atas, peneliti ingin mengetahui dan mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi seorang prajurit bintara mampu menjadi prajurit perwira. Variabel terikat yang diteliti adalah waktu tunggu dari prajurit bintara hingga menjadi prajurit perwira, sehingga akan digunakan model regresi Cox Data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuisioner pada 150 orang prajurit tentara di MAKOARMATIM berpangkat sersan kepala sampai perwira yang memulai jenjang karir dari bintara. Hasil penelitian menunjukkan variabel pendidikan secapa dan pengalaman dinas di luar MAKOARMATIM mempengaruhi laju kenaikan pangkat dari prajurit bintara menjadi prajurit perwira.

English Abstract

Indonesian Navy (TNI AL) is a branch of the armed forces were responsible for the security and defense of the Republic of Indonesia naval. As an army, navy personnel are required to have a reliable and professional soldier. In forming a reliable and professional soldier of the welfare of personnel to attention. In this case, of course, that the welfare and income of an officer soldier will be better than in group grades below. For a noncommissioned officers soldier to achieve the welfare of a better life, a noncommissioned officers soldier will strive to be a officer. With regard to the problems described above, researchers want to know and identify factors that influence a noncommissioned officers soldier is able to be a officer soldier. The researched depend variable is waiting time from noncommissioned officers soldier until officers soldier, so Cox regression model will be used. The data will be used in this research is primary data obtained by distributing questionnaires to 150 soldier in the MAKOARMATIM from sergeant head to the officer who began his ascent of noncommissioned officers soldier. The research’s result shows that officer candidate schools variable and experience services outside MAKOARMATIM affect the rate of advancement of noncommissioned officers soldier grade become a officer soldier.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/128/ 051603476
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Apr 2016 15:40
Last Modified: 15 Apr 2016 15:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154627
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item