Pembuatan Pupuk Fe Lepas Lambat dari Lumpur Sidoarjo (Kajian: Pengaruh Kadar Zeolit dan Konsentrasi Asam Asetat dalam Kitosan)

Eradewi, MaryamPutri (2016) Pembuatan Pupuk Fe Lepas Lambat dari Lumpur Sidoarjo (Kajian: Pengaruh Kadar Zeolit dan Konsentrasi Asam Asetat dalam Kitosan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Besi merupakan mikronutrien yang diperlukan dalam tanaman untuk metabolisme klorofil. Besi dapat diekstraksi dari lumpur Sidoarjo yang memiliki kadar besi cukup tinggi dan diembankan pada zeolit dan kitosan untuk membuat pupuk Fe lepas lambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar penambahan zeolit dan pengaruh konsentrasi larutan asam asetat dalam pembuatan pupuk Fe lepas lambat terhadap kemampuan pelepasan Fe. Pupuk Fe dibuat dengan cara mengekstraksi 2 gram lumpur Sidoarjo yang telah dikalsinasi dengan menggunakan NaOH 3M panas, ditambahkan HCl 32% dan dipanaskan, filtrat hasil ekstraksi diukur kadar Fe nya menggunakan spektrofotometer uv-vis. Filtrat hasil ekstraksi ditambahkan NaOH 4M hingga pH 7 dan diimpregnasikan dalam zeolit teraktivasi 1, 2, 5, 10 dan 15 gram selama 5 jam. Endapan zeolit-Fe dikeringkan dan dikalsinasi selama 4 jam dan diembankan dalam kitosan yang telah dibuat gel dengan asam asetat 0,5, 1, 1,5 dan 2% untuk membuat granul zeolit-Fe-kitosan. Kadar Fe dalam granul ditentukan menggunakan spektrometer XRF. Zeolit-Fe-kitosan diuji pelepasan Fe dalam media air dengan menggunakan metode perendaman selama 1-24 jam dan pengadukan selama 5 jam. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelepasan Fe pada penambahan zeolit 15 gram mengalami pelepasan Fe paling lambat. Kadar Fe yang terlepas sebanyak 0,369 mg/L setiap jamnya untuk 1 gram zeolit-Fe-kitosan. Gel kitosan yang dibentuk dengan asam asetat 1% menyebabkan granul mudah dibentuk dan melepaskan Fe paling sedikit, dengan kadar Fe yang lepas sebesar 0,370 mg/L setiap jamnya. Karakterisasi lumpur Sidoarjo, zeolit aktivasi, zeolit-Fe-kitosan menggunakan XRF didapatkan kadar Fe berturut-turut 35,6, 33,5 dan 40,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/114/051603462
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Apr 2016 16:00
Last Modified: 29 Nov 2018 09:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154612
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item