Perbandingan Metode Theil-Nagar Dan Metode Cochrane-Orcutt Iterative Dalam Mengatasi Autokorelasi (Studikasusindekshargasahamgabungandanfaktor Yang Mempengaruhitahun 2011-2014)

Fauzi, Fatykhul (2016) Perbandingan Metode Theil-Nagar Dan Metode Cochrane-Orcutt Iterative Dalam Mengatasi Autokorelasi (Studikasusindekshargasahamgabungandanfaktor Yang Mempengaruhitahun 2011-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis regresi merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara variable respondan variable prediktor.Menurut Gujarati (2004) terdapat beberapa asumsi yang harus di penuhi, salah satu asumsi tersebut menyatakan bahwa tidak terdapat autokorelasi. Auto korelasia dalah hubungan yang terjadi di antara anggota dari serangkaian pengamatan yang tersusun dalam rangkaian waktu. Jika terjadi auto korelasi pada model regresi linier, maka penduga koefisien regresi yang diperoleh tidak lagi mempunyai varians yang minimum sehingga di perlukan metode untuk mengatasinya.Ada beberapa macam metode alternatif yang di kembangkan untuk mengatasi masalah auto korelasi¸ diantaranya yaitu metode Theil-Nagar dan metode Cochrane-Orcutt Iterative.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan metode mana yang terbaik di antara metode Theil-Nagar dan metode Cochrane-Orcutt Iterative untuk mengatasi auto korelasi pada analisis regesi linier berganda. Untuk membandingkan kedua metode digunakan nilai Akaike Information Criterion(AIC) dan Schwarz Information Criterion (SIC). Berdasarkan nilai AIC dan SIC dapat disimpulkan bahwa metode Cochrane-Orcutt Iterative lebih baik dibandingkan metode Theil-Nagar dalam memodelkan kasus IHSG dan faktor yang mempengaruhinya tahun 2011-2014.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/105/051603453
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Apr 2016 14:18
Last Modified: 03 Dec 2018 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154602
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item