Analisis Tingkat Pelayanan Persimpangan Jalan Dengan Model Antrian M/D/I Dan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (Mkji) (Studi Kasus Persimpangan Itn Kota Malang)

Putri, DeaBerindaAyuRisma (2015) Analisis Tingkat Pelayanan Persimpangan Jalan Dengan Model Antrian M/D/I Dan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (Mkji) (Studi Kasus Persimpangan Itn Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persimpangan jalan adalah lokasi pertemuan atau persilangan dari dua atau lebih ruas jalan. Terjadinya antrian kendaraan pada persimpangan dapat menimbulkan masalah kemacetan. Salah satu tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat pelayanan persimpangan jalan raya dengan model antrian dan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Model antrian yang sesuai dengan kondisi persimpangan ITN pada studi kasus ini adalah model antrian . Kedatangan kendaraan bersifat acak, tidak terbatas, dan berdistribusi Poisson, sedangkan waktu keberangkatan kendaraan bersifat konstan. Hasil perhitungan karakteristik rata-rata dari masing-masing jalur diperoleh jumlah rata-rata kendaraan dalam sistem 131 kendaraan. Rata-rata waktu menunggu kendaraan dalam sistem 109,8 detik dan rata-rata waktu menunggu kendaraan dalam antrian 26,81 detik. Jumlah rata-rata kendaraan dalam antrian 33 kendaraan. Tingkat kesibukan pelayanan persimpangan rata-rata 99,6%. Selanjutnya dibuktikan dari hasil perhitungan dengan menggunakan metode MKJI diperoleh nilai derajat kejenuhan ( ) Jalan Veteran sebesar 0,751, Jalan Sutami sebesar 0,789, Jalan Sigura-gura sebesar 0,983, dan Jalan Sumbersari sebesar 0,182. Besar tundaan Jalan Veteran sebesar 22 detik, Jalan Sutami sebesar 48 detik, dan Jalan Sigura-gura sebesar 39 detik. Rata-rata tundaan persimpangan adalah 36 detik. Waktu hijau efektif adalah 23 detik, dan waktu siklus optimal persimpangan adalah 92 detik. Tingkat pelayanan persimpangan ITN termasuk kurang.

English Abstract

A road junction is the meeting or a cross of two or more roads. The occurrence of a queue of vehicles could cause the problem of congestion at the intersection. One of the purpose of this research is to know the level of services road intersection with a model of the queue and Indonesian Highway Capacity Manual method. A model of a queue in accordance with the condition of the intersection of road ITN at this case study is a model of the queue The arrival of vehicles are random, not limited, and Poisson distributed, while vehicle time of departure is constant. The result of reckoning characteristic of the average of each lane obtained the average number of vehicles in the system is 131 vehicles. The average time waiting for a vehicle in a system is 109,8 seconds and the average time waiting in queue is 26,81 seconds. The number of the average vehicle in a queue is 33 vehicles. The level of intersection services is 99,6 %. Calculation by using the MKJI method is obtained the value degree of saturation ( ) of Veteran Road is obtained 0,751, Sutami Road is 0,789, Sigura-gura Road is 0,983, and Sumbersari Road is 0,182. Number of waiting time of Veteran Road is 22 seconds, Sutami Road is 48 seconds, and Sigura-gura Road is 39 seconds. Green time effective is 23 seconds, and optimal time cycle is 92 seconds. The service level of ITN intersections is not enough good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/98/051501568
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Feb 2015 16:06
Last Modified: 23 Feb 2015 16:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154593
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item