Strategi Pengelolaan Ekowisata Mangrove di Muara Sungai Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang,Jawa Timur

Aziz, Rabbani Imaduddin (2015) Strategi Pengelolaan Ekowisata Mangrove di Muara Sungai Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang,Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Malang memiliki beberapa pantai yang berpotensi untuk dijadikan kawasan ekowisata. Selain Pantai Balekambang dan Sendang Biru yang menjadi titik utama, Malang juga memiliki pantai-pantai alami yang tak kalah berpotensi,salah satunya yaitu Muara Sungai Bajulmati, terutama di bagian muara yang dipenuhi dengan mangrove menuju sampai wilayah pantainya. Wilayah tersebut merupakan wilayah dengan karakteristik yang menarik. Oleh karena itu, penduduk setempat sudah menunjukkan perhatian akan kawasan tersebut, salah satunya dengan membuka wilayah tersebut sebagai kawasan ekowisata dan menyediakan atraksi berupa berkano di sepanjang sungai hingga muara dan wilayah pantai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi potensi ekowisata mangrove di muara sungai Bajulmati, menghitung nilai Daya Dukung Kawasan diarea tersebut, dan merumuskan strategi bagi pengelolaan ekowisata tersebut. Pengambilan data dilakukan secara primer dan sekunder menggunakan metode observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan beberapa metode di antaranya Identifikasi Potensi, Analisis Daya Dukung Kawasan, dan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Thread).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/685/051600378
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 05 Feb 2016 14:22
Last Modified: 20 Mar 2022 12:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154563
[thumbnail of Rabbani Imaduddin Aziz.pdf]
Preview
Text
Rabbani Imaduddin Aziz.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item