Pertumbuhan Dan Pola Percabangan Petiololus Porang (Amorphophallus muelleri Blume) Dari Biji Dan Bulbil Periode Pertumbuhan 1, 2, 3, Dan 4.

Sentra, RandiTiyasPanji (2015) Pertumbuhan Dan Pola Percabangan Petiololus Porang (Amorphophallus muelleri Blume) Dari Biji Dan Bulbil Periode Pertumbuhan 1, 2, 3, Dan 4. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Porang merupakan tumbuhan herba menahun yang mulai tumbuh pada saat awal musim penghujan pertumbuhan ditandai dengan munculnya tunas yang kemudian tumbuh menjadi tanaman dewasa. Perkembangbiakan tanaman porang dapat dilakukan dengan cara generatif dan vegetatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pertumbuhan dan pembentukan percabangan petiololus pada porang (Amorphophallus muelleri Blume) yang berasal dari biji dan bulbil hasil periode pertumbuhan 1, 2, 3, dan 4. Metode yang dilakukan yaitu persemaian biji dan bulbil, pengukuran pertumbuhan meliputi tinggi batang, diameter tajuk dan keliling batang. Penelitian ini dirancang dengan rancangan acak lengkap. Sebagai variabel bebas adalah asal benih (biji dan bulbil umur 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, dan 4 tahun) sedangkan variabel terikat adalah tinggi batang semu, keliling batang semu dan diameter tajuk. Data yang diperoleh di analisis menggunakan anova atau Kruskal-Wallis dan Mann-Whitney. Hasil pengamatan pertumbuhan dari biji menunjukkan ciri-ciri daun berwarna coklat serta dibagian tepi daun berwarna ungu, sedangkan dari bulbil daun berwarna hijau. Petiololus asal dari biji dan bulbil 1 tahun belum bercabang. Petiololus asal bulbil 2 tahun bercabang sangat sederhana, lebih bercabang pada bulbil 3 tahun, dan kompleks pada bulbil 4 tahun. Hasil uji anova hanya signifikan pada tinggi batang, sedangkan untuk diameter tajuk dan keliling batang hasilnya dipengaruhi oleh benih asal biji dan bulbil berdasarkan uji Kruskal-Wallis dan Mann-Whitney.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/466/051509347
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 14 Jan 2016 09:18
Last Modified: 14 Jan 2016 09:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154524
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item