Pengaruh Komposisi Kitosan-Zeolit Microball Pada Fotokatalis TiO2/N-Zeolit/Kitosan Terhadap Fotodegradasi Methylene Blue

Pirandita, SylviaFadhila (2015) Pengaruh Komposisi Kitosan-Zeolit Microball Pada Fotokatalis TiO2/N-Zeolit/Kitosan Terhadap Fotodegradasi Methylene Blue. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fotodegradasi adalah reaksi pemecahan senyawa oleh adanya cahaya yang memerlukan fotokatalis semikonduktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi N pada fotokatalis TiO2/N-zeolit/kitosan microball dan pengaruh variasi lama penyinaran terhadap degradasi methylene blue. Sintesis TiO2/N-zeolit/kitosan microball dilakukan dengan komposisi N dalam TiO2-N dengan perbandingan mol 20:1 hingga 20:5 yang diimpregnasikan kedalam zeolit, kemudian dicampur dengan gel kitosan (0,25 g kitosan dicampur dengan asam asetat glasial 1%) dan dibentuk bulir yang diteteskan pada NaOH 0,4M untuk membentuk microball. Uji aktivitas fotokatalis dilakukan menggunakan 100 mg fotokatalis TiO2/N-zeolit/kitosan microball dalam 25 mL methylene blue 10 mg/L pada kondisi sinar matahari dan sinar UV. Variasi lama penyinaran dilakukan hingga 210 menit pada fotokatalis TiO2/N-zeolit/kitosan microball dengan komposisi N optimum. Filtrat larutan methylene blue setelah penyinaran diukur absorbansinya dengan menggunakan spektrofotometer UV-Vis pada λ= 664 nm untuk menentukan konsentrasi methylene blue. Hasil karakterisasi fotokatalis dengan FTIR menunjukkan terbentuknya ikatan Ti-N pada fotokatalis. Pengukuran celah pita dengan spektrofotometer UV-Vis DR menghasilkan energi celah pita dari fotokatalis TiO2/N-zeolit/kitosan adalah 3,14 eV. Hasil karakterisasi dengan difraksi sinar-X menunjukkan struktur kristal TiO2 pada fotokatalis adalah kristal anatase dan zeolit yang teremban pada TiO2-N memiliki struktur mordenite dan clipnotilolite. Komposisi N optimum pada perbandingan TiO2:N (20:4) dan lama penyinaran optimum pada 120 menit dengan kondisi penyinaran optimum adalah sinar matahari mencapai degradasi sebesar 72,35%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/462/051509343
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 21 Jan 2016 10:43
Last Modified: 21 Jan 2016 10:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154519
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item