Pengukuran Efektivitas Tanaman Kangkung Air (Ipomoea aquaticaForsk), Genjer (Limnocharis flava) Dan Seledri (Apium graveolens L) Untuk Pengurangan Kadar Logam Berat (Pb dan Cu) Serta Radionuklida Deng

Fitria, Siti Nurmaida (2015) Pengukuran Efektivitas Tanaman Kangkung Air (Ipomoea aquaticaForsk), Genjer (Limnocharis flava) Dan Seledri (Apium graveolens L) Untuk Pengurangan Kadar Logam Berat (Pb dan Cu) Serta Radionuklida Deng. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pencemaran air merupakan penyimpangan sifat air yang sudah marak terjadi. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memulihkan lingkungan tercemar yaitu menggunakan metode fitoremediasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa efektifkah tanaman uji dalam menyerap limbah logam berat dan radionuklida serta untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan masing-masing tanaman dalam menyerap logam berat dan radionuklida. Pengujian konsentrasi logam berat dilakukan menggunakan alat AAS (Atomic Adsorption Spectrofotometer ), serta persentase unsure dalam tanaman diukur menggunakan XRF (X-Ray Fluorescence), dan kandungan radionuklida diukur menggunakan detektor Geiger Muller. Limbah yang digunakan untuk penelitian adalah limbah buatan, dimana untuk uji logam digunakan campuran air sumur dengan Pb(NO3)2 dan CuSO4.5(H2O) dengan konsentrasi 5 ppm, sedangkan limbah buatan uji radionuklida digunakan pupuk NPK Phonska mutiara. Dari hasil pengukuran menunjukkan bahwa tanaman yang paling banyak mangakumulasi logam berat yaitu tanaman kangkung air, diikuti oleh genjer dan seledri. Sedangkan presentase massa unsure terbesar yaitu unsure kalium untuk semua jenis tanaman. Dengan pengukuran ini diasumsikan bahwa radionuklida yang berada ditanaman adalah radionuklida kalium-40. Dengan persentase kalium terbesar pada tanaman genjer dan diikuti oleh tanaman kangkung air dan seledri. Hal ini sama dengan uji radionuklida menggunakan detektor GM bahwa laju paparan terbesar berada pada genjer, kangkung dan seledri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/438/0051509319
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 04 Jan 2016 11:35
Last Modified: 21 Mar 2022 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154491
[thumbnail of SITI NURMAIDA FITRIA.pdf]
Preview
Text
SITI NURMAIDA FITRIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item