Analisis Petrofisika Untuk Evaluasi Formasi Reservoar Karbonat Sebagai Main Prospect Dan Formasi Batupasir Sebagai Upside Prospect Pada Lapangan “Geo” - Cekungan Sumatera Selatan

Nurbilad, RofiRidho (2015) Analisis Petrofisika Untuk Evaluasi Formasi Reservoar Karbonat Sebagai Main Prospect Dan Formasi Batupasir Sebagai Upside Prospect Pada Lapangan “Geo” - Cekungan Sumatera Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dibuktikan pada lapangan “Geo” melalui pemboran sumur pengembangan “UB” pada Formasi Baturaja telah ditemukan hidrokarbon. Adanya akumulasi tersebut mendorong perlunya evaluasi formasi untuk meningkatkan produksi minyak dan gas bumi. Bentuk evaluasi formasi salah satunya adalah melalui analisis petrofisika secara kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan parameter fisik reservoar antara Formasi Baturaja dan Formasi Talang Akar melalui evaluasi formasi sehingga diperoleh potensi reservoar utama dan sekunder dari lapangan “Geo”. Berdasarkan hasil analisis petrofisika, Formasi Baturaja menjadi main prospect karena telah adanya akumulasi hidrokarbon pada formasi tersebut, sedangkan Formasi Talang Akar sebagai upside prospect karena memiliki parameter fisik lebih baik dari Formasi Batuaraja. Sehingga, jika terdapat migrasi hidrokarbon menuju Formasi Talang Akar, formasi tersebut mampu menjadi prospek yang lebih baik daripada Formasi Baturaja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/234/051505479
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Aug 2015 13:32
Last Modified: 20 Aug 2015 13:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154267
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item