Oktavia, DwiPrastika (2015) Penentuan Objek Wisata Bahari Terbaik Di Kabupaten Banyuwangi Dengan Metode Ahp Dan Strategi Pengembangan Objek Wisata Menggunakan Analisis Swot. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Industri pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi terbesar yang paling cepat berkembang di dunia. Objek pariwisata di Indonesia terdapat di berbagai wilayah. Salah satunya terletak di kabupaten Banyuwangi. Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur yang memiliki beraneka ragam objek wisata berupa pantai, dataran tinggi/gunung, hutan/taman nasional dan lain sebagainya. Melihat banyaknya objek wisata di kabupaten Banyuwangi maka diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk pemilihan objek wisata terbaik menurut wisatawan dan strategi pengembangannya. Metode yang digunakan dalam mengambil suatu keputusan dalam merangking sejumlah objek wisata dan strategi pengembangannya adalah metode AHPSWOT. Perangkingan objek wisata terbaik menurut wisatawan dengan menggunakan metode AHP adalah Plengkung (G-land), Pulau Tabuhan, Pulau Merah (Red Island), Pantai Boom, dan Teluk Hujau (Green Bay). Perhitungan dengan metode Analisis SWOT untuk objek wisata dengan peringkat terbawah pada tabel Internal Eksternal didapatkan posisi objek wisata Teluk Hijau berada pada sel I yaitu growth berarti dititik beratkan pada peningkatan kualitas produk dan meningkatkan akses ke pasar yang lebih luas. Mengacu hal tersebut maka diperoleh 4 strategi, yaitu strategi SO, strategi ST, stratrgi WO, dan strategi WT.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/MIPA/2015/226/051505471 |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 09:14 |
Last Modified: | 20 Aug 2015 09:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154258 |
Actions (login required)
View Item |