Minimasi Biaya Penyebaran Transmigran Menggunakan Zero Suffix Method (Studi Kasus Di Depnakertrans)

Ajiasa, Nalar (2014) Minimasi Biaya Penyebaran Transmigran Menggunakan Zero Suffix Method (Studi Kasus Di Depnakertrans). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Metode transportasi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari beberapa sumber ke beberapa tujuan dengan tujuan mendapatkan biaya minimum dari total biaya distribusi. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah bagaimana meminimumkan biaya penyebaran transmigran dari wilayah asal (lokasi persediaan) ke wilayah tujuan (lokasi permintaan) menggunakan Zero Suffix Method. Prinsip kerja metode ini adalah mencari biaya distribusi sama dengan nol dalam tabel transportasi, yaitu biaya yang bernilai nol yang sebelumnya dicari dengan cara menggunakan biaya paling kecil di setiap baris dan kolom, sehingga terdapat paling sedikit satu nol pada setiap baris atau kolom. Hal paling inti dari metode ini mencari suffix value. Dengan mengetahiu suffix value, maka biaya yang sekiranya besar dapat tereliminasi dari tabel transportasi pada saat pengalokasian. Dalam skripsi ini hasil akhir dari perhitungan Zero Suffix Method akan dicocokkan dengan hasil akhir dari perhitungan menggunakan metode Modified Distribution dan menghitung waktu yang dibutuhkan setiap metode dalam menyelesaikan perhitungan menggunakan bahasa pemrograman MATLAB. Hasil perhitungan antara Zero Suffix Method dan metode Modified Distribution sama yaitu sebesar Rp. 721.397 sedangkan waktu yang dibutuhkan metode Zero Suffix dalam menyelesaikan perhitungan menggunakan bahasa pemrograman MATLAB yaitu 0,158792 detik dan waktu yang dibutuhkan metode Modified Distribution yaitu 0,141730 detik.

English Abstract

Transportation methods are method which is used to arrange distribution from supply to demand with aim to get minimum cost from total cost of distribution. The purpose of this bachelor thesis to get minimum cost from these transportation problems with Zero Suffix Method. The principle of this method is to find distribution cost which is equal to zero on transportation table, the cost that have been search by using all of the lowest costs on every row and column. The most important thing of this method is to find the suffix value. By knowing the suffix value, high costs can be eliminated from transportation table when have been allocated. In this bachelor thesis, the result of calculation Zero Suffix Method will match with result of calculation Modified Distribution method and counting running time needed every method in solving calculation with MATLAB. The result of calculation between Zero Suffix Method and Modified Distribution Method at Depnakertrans are same as big as Rp. 721.397.000 whereas running program of Zero Suffix Method to solve calculation with MATLAB is 0,158792 second and Modified Distribution method need 0,141730 second to solve calculation with MATLAB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2014/252/051404835
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Aug 2014 13:41
Last Modified: 21 Oct 2021 04:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153877
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item