Pada Enam Provinsi Di Jawa Menggunakan Regresi Panel Dengan Pendekatan Model Efek Tetap

Hutomo, HandrianMulyo (2014) Pada Enam Provinsi Di Jawa Menggunakan Regresi Panel Dengan Pendekatan Model Efek Tetap. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Buta huruf adalah masalah pendidikan yang masih sulit untuk diselesaikan, dikarenakan masih banyak penduduk yang masih belum mendapat pendidikan yang layak. Pulau Jawa adalah pulau dengan penduduk yang paling padat di Indonesia, namun dari angka buta huruf yang ada di Pulau Jawa mempunyai perbedaan yang cukup besar di tiap provinsinya, dapat diketahui dari angka buta huruf DKI Jakarta yang merupakan angka buta huruf terendah di Indonesia tahun 2012, sedangkan provinsi Jawa Timur mempunyai angka buta huruf tertinggi ke enam di Indonesia. Pada penelitian ini akan dibahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi angka buta huruf pada enam Provinsi di Pulau Jawa, dengan menggunakan analisis regresi panel. Dengan menggunakan regresi panel dapat diketahui pengaruh perbedaan karakter tiap provinsi di Pulau Jawa terhadap angka buta huruf. Dari analisis yang dilakukan diketahui bahwa pengaruh angka partisipasi murni sekolah dasar pada semua provinsi sama, sedangkan pengaruh dari jumlah penduduk miskin berbeda-beda pada tiap provinsi di Pulau Jawa. Nilai intersep yang diperoleh menunjukkan nilai menurun dari tahun ke tahun, menunjukkan bahwa angka buta huruf dari tahun ke tahun juga mengalami penurunan. Dari analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa jumlah penduduk miskin pada Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur berpengaruh nyata terhadap angka buta huruf.

English Abstract

The illeterate is oneof education problem which is hard tobe solved because there are still many uneducated citizen. Java is most populated island in Indonesia,but the illeterate rate of Java island have significant differences in each province.DKI Jakarta is province with the lowest illeteracy rate, while East Java isthe sixth highest rate in Indonesia 2012. The study aimed to know factors affecting illetaracy rate in 6 provinces in Java island using panel regression. By using panel regresion can be known theeffectof character difference ofeach province in Java island to the illeteracy rate. Analysis showed that the effect of elementary school enrollment of allprovinces are similiar, while the effect of poorcitizen number is difference in each province in Java Island. Intercept value decreased year by year showed that illeteracy rate also decreased year by year. Analysis showed poor citizen number in Central Java, DI Yogyakarta and East Java significanttly effect illeteracy rate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2014/193/051403850
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Jul 2014 13:38
Last Modified: 21 Oct 2021 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153812
[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Full.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item