Analisis Profil Dimensi Kualitas Pelayanan Program Studi Di Fakultas MIPA Universitas Brawijaya

Hijjah, RidiaNurul (2014) Analisis Profil Dimensi Kualitas Pelayanan Program Studi Di Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan yang cukup ketat antar perguruan tinggi menuntut lembaga pendidikan untuk memperhatikan mutu pendidikan dan kelembagaan sehingga mampu unggul dalam persaingan tersebut. Salah satu upaya tersebut dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Persepsi mahasiswa mengenai kualitas pelayanan dianalisis menggunakan analisis profil untuk mengetahui profil kualitas pelayanan ketujuh program studi FMIPA UB berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan yang diberikan oleh pengajar/dosen dan TU yaitu dimensi daya tanggap, kehandalan, empati, jaminan dan kondisi fisik. Penelitian ini menggunakan teknik penarikan contoh acak berlapis yaitu metode alokasi Neyman dengan mengambil contoh sebanyak 166 mahasiswa dari berbagai kriteria tertentu. Sebelum dilakukan analisis profil dilakukan uji MANOVA dengan semua asumsi terpenuhi. Pada uji MANOVA terdapat perbedaan pengaruh perlakuan (program studi) maka dilanjutkan dengan analisis profil. Hasil analisis profil yang terbentuk program studi Biologi menunjukkan kualitas pelayanan oleh pengajar/dosen yang baik. Sedangkan program studi lain (Fisika, Geofisika, Instrumentasi, Kimia, Matematika dan Statistika) menunjukkan kualitas pelayanan yang cukup baik. Pada persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh TU untuk semua program studi menunjukkan kualitas pelayanan yang diberikan yaitu cukup baik.

English Abstract

Competition tough between collage demanding educational institutions to heed the quality of educations and institutional so able to be superior in competition. One effort is the increase service quality. Student perceptions about the quality of servuce analyzed using profile analysis to know profile the quality of service seventh course of study Faculty of Mathematics and Science Brawijaya University based on five dimensions the quality of service provided by teacher or lecturer and TU that is responsiveness, reliability, empathy, assurance and tangible. The research using a random stratified sampling, that is allocation Neyman with 166 active undergraduate students. Before of profil analysis, carried Multivariate analysis of variance test with all of the assumptions fulfilled. Multivariate analysis of variance test there is differences in the quality of service seven courses Faculty of Mathematics and Science Brawijaya University then continued with profile analysis. The result of profile analysis shows a course Biology having the qualities of good service. Among the other course (Physics, Instrumentation, Geophysics, Chemistry, Mathematic and Statistics) show the quality of service that is good enough. Student perception of the quality of service provided by the TU for all course showed the quality of service provided is good enough.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2014/119/051401623
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Mar 2014 07:53
Last Modified: 25 Oct 2021 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153736
[thumbnail of RIDIA_NURUL_HIJJAH__0910953043_.pdf]
Preview
Text
RIDIA_NURUL_HIJJAH__0910953043_.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item