Model Eoq Dengan Nilai Sisa Untuk Kerusakan Produk Yang Berdistribusi Weibull (Studi Kasus di UD. Bagus Agriseta Mandiri, Batu)

Ambarwani, AjengPambuko (2013) Model Eoq Dengan Nilai Sisa Untuk Kerusakan Produk Yang Berdistribusi Weibull (Studi Kasus di UD. Bagus Agriseta Mandiri, Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persediaan merupakan faktor utama didalam perusahaan yang menjadi persoalan manajemen yang potensial. Salah satu masalah didalam persediaan adalah kesulitan dalam mendapatkan jumlah penjualan yang optimal untuk produk yang memburuk. Untuk menanggulangi terjadinya kerugian yang mungkin dialami perusahaan akibat produk yang memburuk, maka didalam Skripsi ini akan dibahas sebuah model EOQ dasar yang dikembangkan dengan menggabungkan nilai sisa dari produk yang memburuk berdasarkan waktu menggunakan laju kerusakan berdistribusi Weibull dan diterapkan pada UD. Bagus Agriseta Mandiri Batu. Analisis sensitivitas dilakukan untuk mengamati perubahan yang terjadi pada parameter skala, bentuk, dan nilai sisa terhadap kuantitas barang dan total biaya persediaan. Tingkat sensitivitas dipengaruhi oleh perubahan parameter α, β, dan γ sebesar -25%, -50%, +25%, dan +50%. Dengan mengoptimalkan parameter γ sebesar +50% didapatkan total biaya persediaan minimum sebesar Rp29.292.806,5.

English Abstract

Inventory is a major factor in the management of the company to be a potential problem. One of the problems in the inventory is the difficulty in getting the optimal amount of sales for products that deteriorate. To cope with the losses that may be suffered by the company due to a deteriorating product, it will be discussed in this thesis is a basic EOQ model is developed by combining the salvage value of the product deteriorated by the time using the Weibull distribution rate of damage and applied to the UD. Bagus Agriseta Mandiri Batu. Sensitivity analysis was conducted to observe the changes in the parameters of scale, shape, and the salvage value of the quantity of product and total inventory costs. This level of sensitivity is influenced by changes in the parameters α, β, and γ of -25%, -50%, +25%, and +50%. By optimizing the parameter γ of +50% obtained by minimum total inventory cost of Rp 29.292.806,5

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2013/259/051307417
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Sep 2013 11:12
Last Modified: 25 Oct 2021 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153515
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item