Penjadualan Produksi Flow Shop Menggunakan Algoritma Modified Ant Colony (Studi Kasus Penjadualan Pengalengan Ikan Pt. Indo Bali Di Negara Bali)

Dewi, IndahMustika (2013) Penjadualan Produksi Flow Shop Menggunakan Algoritma Modified Ant Colony (Studi Kasus Penjadualan Pengalengan Ikan Pt. Indo Bali Di Negara Bali). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produksi merupakan salah satu kegiatan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Penjadualan dapat dijadikan konsep kunci dalam proses produksi, terlebih lagi di bidang industri manufaktur yang membutuhkan suatu perencanaan yang baik, biaya rendah, efesiensi sumber daya, dan minimalisasi waktu. Sistem penjadualan produksi, antara lain open shop, flow shop, dan job shop. Pada permasalahan penjadualan flow shop ada sejumlah pekerjaan dan sejumlah mesin dengan setiap pekerjaan yang penentuan urutan pengerjaannya dilakukan dengan lintasan produk yang sama. Flow shop scheduling problem diselesaikan dengan metode pendekatan yaitu metode heuristik. Algoritma semut (ant colony algorithm ) merupakan salah satu metode pemecahan masalah yang bersifat heuristik. Pada penelitian kali ini yang dilaksanakan di PT. Indo Bali, penulis menggunakan pengembangan algoritma Ant Colony menjadi Modified Ant Colony. Penelitian ini mengacu pada Mathiyalagan (2010), Modified Ant Colony Algorithm for Grid Scheduling. Dimana adanya perbedaan antara algoritma Ant Colony dan algoritma Ant Colony Modified yaitu terletak pada update pheromone yang ditinggalkan oleh koloni semut yang mencari jalur terpendek dari sarang ke sumber makanannya kemudian kembali ke sarang. Pheromone adalah zat kimia yang berasal dari kelenjar endokrin dan digunakan oleh makhluk hidup untuk mengenali sesama jenis , individu lain, dan kelompok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2013/2/051301170
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 28 May 2013 09:14
Last Modified: 25 Oct 2021 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153462
[thumbnail of SKRIPSI_INDAH_MUSTIKA_DEWI_(0810940007)-94.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_INDAH_MUSTIKA_DEWI_(0810940007)-94.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item