Penentuan Strategi Optimal Menggunakan Teori Fuzzy Dan Teori Permainan (Studi Kasus Persaingan BMT Mitra Dana Sakti dan BMT Baskara Lampung Timur )

Khoiri, AyuFaiqoh (2013) Penentuan Strategi Optimal Menggunakan Teori Fuzzy Dan Teori Permainan (Studi Kasus Persaingan BMT Mitra Dana Sakti dan BMT Baskara Lampung Timur ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan banyaknya BMT (Baitul Mal wa Tamwil) yang telah beroperasi di Indonesia mengakibatkan persaingan semakin berat. Oleh karena itu, manajer BMT selaku pengambil keputusan, harus menentukan strategi yang tepat untuk menarik minat nasabah dan memperoleh hasil yang optimal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner agar diketahui apa saja yang mempengaruhi nasabah dalam memilih BMT sebagai sumber modal usaha sehingga dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi – strategi bagi BMT. Teori Fuzzy digunakan untuk merepresentasikan penilaian responden yang bersifat subjektif, hasil dari defuzzyfikasi adalah masukan pada matriks pay-off Teori Permainan. Teori Permainan dipusatkan pada analisis keputusan dalam peristiwa yang aktif dan bertujuan memenangkan persaingan. Dari hasil normalisasi didapatkan bobot yang terbesar adalah strategi Lokasi Strategis dengan nilai , dari penyelesaian matriks pay-off didapatkan nilai permainan yaitu . Nilai permainan dari matriks pay-off bernilai positif maka permainan dimenangkan oleh pemain pertama ( ) yaitu BMT Mitra Dana Sakti. Nilai permainan yang didapat berada pada baris ke-empat dan kolom ke-tiga pada matriks pay-off, maka strategi optimal yang dapat digunakan untuk memaksimumkan kemenangan adalah strategi yaitu strategi Pelayanan Profesional, sedangkan untuk jika menggunakan strategi , untuk meminimumkan kekalahan menggunakan strategi yaitu strategi Lokasi Strategis.

English Abstract

Along with the proliferation of BMT (Baitul Mal wa Tamwil) which has been operating in Indonesia resulted in increasingly heavy competition. Therefore, the BMT as decision makers, should determine the right strategy to attract customers and gain optimal results. The research was conducted using questionnaires in order to know what affect the customer in choosing the BMT as a source of venture capital so that it can be used as a consideration in determining strategies for BMT. Fuzzy theory is used to represent the respondents assessment are subjective, the results of the defuzzyfikasi is the input on the pay-off matrix game theory. Game theory is focussed on an analysis of the decision in the event of an active and aims to win the competition. From the results obtained by the biggest weight normalization is a strategy with the Strategic Location of the settlement value , the pay-off matrix obtained the value of the game . The value of the game from the pay-off matrix is positive then the game is won by the first player i.e. Fund Partner BMT Sakti. The value of the game that had been on the fourth row and third column of the matrix on the pay-off, then the optimal strategy that can be used to maximize the victory is a strategy that is Professional Service strategies, while for if using strategy , minimizing the use of defeat strategies strategy the Strategic Location.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2013/159/051307139
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Sep 2013 09:28
Last Modified: 25 Oct 2021 01:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153417
[thumbnail of DAPUS.pdf]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV-V.pdf]
Preview
Text
BAB_IV-V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_1.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-III.pdf]
Preview
Text
BAB_I-III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of MUKADIMAH.pdf]
Preview
Text
MUKADIMAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item