Studi Pengaruh Penambahan Pvac (Polyvinyl Acetate) Dan Ukuran Butir Terhadap Kuat Tekan Bahan Target Karbon Untuk Deposisi Lapisan Tipis Diamond Like Carbon (DLC)

Purnama, Edi (2013) Studi Pengaruh Penambahan Pvac (Polyvinyl Acetate) Dan Ukuran Butir Terhadap Kuat Tekan Bahan Target Karbon Untuk Deposisi Lapisan Tipis Diamond Like Carbon (DLC). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telah dilakukan pembuatan bahan target karbon berbahan dasar tempurung kelapa untuk deposisi lapisan tipis DLC. Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari pengaruh penambahanPVAcdan ukuran butir terhadap nilai kuat tekan bahan target karbon. Karbon yang digunakan adalah arang tempurung kelapa hasil proses karbonisasi dengan metode simple heating pada temperatur 6000C dengan laju pemanasan5,420C/menit. Ukuran butir bahan target karbon yang digunakan pada penelitian ini adalah 60 Mesh, 80 Mesh, dan 100 Mesh. Penambahan perekat polimer Polyvinyl Acetate (PVAc) sebagai binder dilakukan dengan 3 variasi komposisi, yaitu: 2%, 3%, dan 4% untuk setiap sampel dengan ukuran butir berbeda (60, 80, 100 Mesh). Variasi gaya kompaksi yang diberikan sebesar 264000 N, 528000 N, dan 792000 N. Bahan target karbon yang dihasilkan dianalisis dengan uji tekan untuk mengetahuinilai kuat tekannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan PVAc dapat meningkatkan nilai kuat tekan bahan target karbon. Nilai kuat tekan tertinggi sebesar 5,44 N pada sampel dengan penambahan PVAc sebesar 4% (0,4 g). Ada ketidaksesuaianantarateoridanhasilpenelitianterkait pengaruh ukuran butir.Dimanasecarateori, semakinkecilukuranbutir, makanilaikuattekansemakinbesar.Namun data penelitianmenunjukkantrensebaliknya. Semakin besarnya gaya kompaksi yang diberikan pada proses percetakan dapat meningkatkan nilai kuat tekan bahan target karbon, walaupun pada gaya kompaksi 792000 N masih ada sampel yang mengalami penurunan nilai kuat tekannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2013/111/051304704
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 28 May 2013 10:36
Last Modified: 25 Oct 2021 01:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153375
[thumbnail of Cover_dan_daftar_isi.pdf]
Preview
Text
Cover_dan_daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_dan_daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
BAB_V_dan_daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item