Optimalisasi Kebutuhan Gizi Pada Menu Makanan Penderita iabetes Melitus Dengan Metode Branch And Bound (Studi Kasus Rumah Sakit M. Yunus, Bengkulu)

Kristiana, MeicichoMardiyah (2013) Optimalisasi Kebutuhan Gizi Pada Menu Makanan Penderita iabetes Melitus Dengan Metode Branch And Bound (Studi Kasus Rumah Sakit M. Yunus, Bengkulu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengaturan menu makanan yang mengharuskan terpenuhinya kandungan gizi tertentu untuk pasien diabetes melitus dengan biaya seminimal mungkin merupakan suatu permasalahan di Rumah Sakit M. Yunus, Bengkulu. Untuk menyelesaikan masalah ini, maka digunakan metode linier programing dengan metode branch and bound agar menghasilkan porsi makanan yang berupa integer yang awalnya dianalisis menggunakan pemrograman linier. Pada kasus ini dibandingkan kebutuhan gizi optimal pada menu makanan penderita diabetes melitus yang melakukan aktivitas olahraga dan tanpa melakukan aktivitas olahraga. Dari hasil perhitungan menggunakan metode branch and bound didapatkan kandungan gizi optimal pada menu bening labu siam, wortel ; sup buncis, wortel, kentang ; dan bening bayam, kecambah masing-masing sebesar 7, 2 dan 12 porsi bagi penderita diabetes melitus tanpa melakukan aktivitas olahraga selama sehari dengan biaya Rp22851,91 dan yang melakukan olahraga didapatkan hasil kandungan gizi optimal pada menu tempe mendoan; tahu kecap; sup buncis, wortel, kentang; serta bening bayam, kecambah masing-masing 2, 2, 5 dan 11 porsi dengan biaya Rp 24096,11. Menu makanan bagi penderita diabetes melitus tanpa aktivitas olahraga lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan penderita diabetes melitus dengan aktivitas olahraga lebih banyak kombinasi menu makanannya karena lebih banyak membutuhkan energi sehingga biaya yang dikeluarkan lebih banyak dibandingkan dengan penderita diabetes melitus tanpa aktivitas olahraga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2013/10/051301178
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 27 May 2013 10:54
Last Modified: 25 Oct 2021 01:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153363
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item