Pendekatan Regresi Nonparametrik Generalized Penalized Spline Sebagai Alternatif Regresi Parametrik Pada Longitudinal Birespon

Pratama, RifqiRamadhan (2012) Pendekatan Regresi Nonparametrik Generalized Penalized Spline Sebagai Alternatif Regresi Parametrik Pada Longitudinal Birespon. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Data longitudinal berasal dari pengamatan yang dilakukan terhadap n subjek yang saling bebas, diamati secara berulang (repeated measurement) dalam kurun waktu tertentu. Pada data longitudinal bidang kesehatan seringkali ditemukan lebih dari satu peubah respon hasil pengamatan berulang pada subjek sama sehingga analisis data yang tepat adalah analisis data longitudinal birespon. Tujuan penelitian ini untuk membentuk persamaan longitudinal dengan pendekatan General Linier Mixed Model (GLMM) dan Generalized Penalized Spline (GPS). Data diperoleh dari jurnal penelitian Fernandes dan Wardhani (2008) yaitu data pasien penderita Decubitus Wound dengan respon luas luka pada tangan dan luas luka pada badan. Persamaan data longitudinal menggunakan pendekatan parametrik GLMM birespon menghasilkan penduga paling baik saat menyertakan pengaruh tetap waktu kuadratik dan pengaruh acak waktu linier dengan R2 sebesar 96.190% dan 94.780% untuk peubah respon luas luka pada tangan (Y1) dan luas luka badan (Y2). Pendekatan parametrik hasil pembentukan persamaan data longitudinal menggunakan GLMM birespon memiliki kelemahan yaitu membutuhkan syarat data mengikuti bentuk kurva regresi kuadratik sehingga sebagai alternatif digunakan pendekatan nonparametrik Generalized Penalized Spline (GPS) birespon. Persamaan data longitudinal menggunakan pendekatan parametrik GPS birespon menghasilkan penduga paling baik saat menggunakan knot 1 dengan ordo polinomial 2 (kuadratik) dengan GCV = 1983.417 serta R2 sebesar 97.829% dan 98.119%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/443/051204820
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 27 Dec 2012 09:53
Last Modified: 24 Oct 2021 17:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153281
[thumbnail of SKRIPSI_RIFQI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_RIFQI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item