Prediksi Beban Penggunaan Air Terhadap Kapasitas Persediaan Air Pdam Kota Batu Menggunakan Metode Anfis (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System)

Nugroho,BagusTrihanto (2012) Prediksi Beban Penggunaan Air Terhadap Kapasitas Persediaan Air Pdam Kota Batu Menggunakan Metode Anfis (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Besar konsumsi air pada selang waktu tertentu adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak dapat diperhitungkan secara pasti. Hal ini yang dapat berdampak terhadap kesiapan sumber air dalam menyediakan kebutuhan persediaan air bersih. Ketidakseimbangan antara sisi supply dan permintaan air bersih dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan penyedia air bersih. Oleh karena itu untuk dapat memperkirakan persediaan air yang tidak dapat dihitung secara pasti, maka suatu kegiatan penelitian mengenai prediksi kapasitas persediaan air perlu dilakukan bagi perusahaan penyedia air bersih seperti PDAM Kota Batu. Dalam penelitian ini, digunakan sistem hybrid yang menggabungkan kemampuan antara jaringan syaraf tiruan dan logika fuzzy atau lebih biasa dikenal dengan Adaptive Neuro Fuzzy Inference System ( ANFIS ). Sistem ANFIS diterapkan sebagai proses pelatihan dan proses prediksi. Metode Least Square Estimator (LSE) digunakan untuk pembelajaran umpan maju dan steepest descent untuk umpan baliknya serta diterapkannya inferensi fuzzy Takagi Sugeno Kang (TSK) orde 1 sebagai basis rule penalaran inferensi fuzzy dalam prediksi. Pada tahap pengujian prediksinya, hanya dilakukan satu kali umpan maju saja tanpa disertai dengan LSE untuk belajar karena nilai parameter konsekuen telah didapat dari hasil pelatihan. Dari hasil pengujian dengan laju pembelajaran 0.000001 mampu menghasilkan nilai MAPE terkecil sebesar 6.077% kemudian tingkat akurasi perbandingan data aktual dengan output jaringan ANFIS nilai rata-rata MAPE yang dihasilkan sebesar 6.417% sehingga metode ANFIS dapat diterapkan dalam prediksi beban pemakaian air terhadap kapasitas persediaan sumber air PDAM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/42/051200298
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jul 2012 11:45
Last Modified: 24 Oct 2021 15:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153255
[thumbnail of 051200298.pdf]
Preview
Text
051200298.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item