Potensi Diversitas Pohon Lokal untuk Peningkatan Penyimpanan Cadangan Karbon di Zona Arboretum, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Lolodatu, IvanaOde (2013) Potensi Diversitas Pohon Lokal untuk Peningkatan Penyimpanan Cadangan Karbon di Zona Arboretum, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menginventarisasi, mendeskripsikan karakter ekologis serta menyusun rekomendasi diversitas pohon dan desain reboisasi untuk arboretum TNBTS. Data diperoleh dengan cara melakukan wawancara dengan tetua masyarakat mengenai kondisi masa lalu dan vegetasi penyusun lereng bukit Ranu Pani- Ranu Regulo (Zona Arboretum). Selain itu, studi literatur dilakukan tentang jenis dan karakter pohon lokal yang sesuai untuk kondisi zona pegunungan di Indonesia. Data dianalisis secara deskriptif. Spesies pohon yang dahulu banyak tumbuh di hutan Zona Arboretum adalah cemara gunung (Casuarina junghuhniana), akasia (Acacia decurens), kipres (Cupressus sp.) dan po’o (Eucalyptus sp.). Saat ini spesies pohon dominan adalah C. junghuhniana dan A. decurens. Berdasarkan studi literatur diperoleh diperoleh 33 spesies pohon lokal dalam 25 familia dan 15 ordo yang sesuai untuk zona pegunungan phytoregion Malesiana. Jenis pohon lokal yang direkomendasikan memiliki diameter batang dan ketinggian tempat hidup bervariasi dengan stratifikasi A-C. Pohon lokal pioner yang direkomendasikan ada 16 spesies seperti Adinandra javanica, Albizia lophantha, Astronia spectabilis, C. junghuhniana, Dodonaea viscosa, Engelhardia spicata, Glochidion rubrum, Homalanthus giganteus, Litsea cubeba, Myrica javanica, Schima wallichii, Toona sureni, Trema orientalis, Vaccinium varingiaefolium, Vernonia arborea, dan Weinmannia blumei. Spesies pohon klimaks rekomendasi adalah Acer laurinum, Acmena acuminatissima, Cinnamomum porrectum, Ficus fistulosa, Ficus ribes, Flacourtia rukam, Helicia serrata, Lindera bibracteata, Litsea diversifolia, Macaranga rhizinoides, Manglietia glauca, Neolitsea javanica, Nyssa javanica, Podocarpus imbricatus, Podocarpus neriiffolius, Sloanea sigun dan Turpinia sphaerocarpa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/404/051203311
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 16 May 2013 10:22
Last Modified: 24 Oct 2021 14:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153238
[thumbnail of SKRIPSI-IVANA_ODE_LOLODATU-0810910051.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI-IVANA_ODE_LOLODATU-0810910051.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item