Isolasi dan Karakterisasi Penyusun Minyak Atsiri Hasil Distilasi Uap Daun Legundi (Vitex Trifolia) dengan Kromatografi Gas Spektrometer Massa (KG - SM)

Cahyono, FebriantoTri (2013) Isolasi dan Karakterisasi Penyusun Minyak Atsiri Hasil Distilasi Uap Daun Legundi (Vitex Trifolia) dengan Kromatografi Gas Spektrometer Massa (KG - SM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Legundi merupakan tanaman yang tersebar luas di Asia salah satunya tersebar luas di Indonesia. Banyak masyarakat menggunakan tanaman ini sebagai anti nyamuk karena tanaman ini memiliki aroma khas. Keberadaanya yang melimpah di Indonesia memungkinkan tanaman ini dapat digunakan sebagai komoditi yang dapat dimanfaatkan. Pemanfaatan tanaman ini masih sangat kurang, hal ini dapat ditunjukkan dengan sedikitnya penelitian mengenai tanaman ini, selain itu standart minyak untuk minyak atsiri dari daun legundi masih belum ada sehingga perlu dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen penyusun minyak atsiri dari daun legundi dan sifat fisik dan kimianya. Isolasi minyak atsiri dari daun legundi dilakukan dengan metode distilasi uap dilajutkan dengan pemisahan dengan gravitasi untuk memperoleh minyak yang memiliki fraksi ringan dari air an diperoleh rendemen minyak sebesar 0,423%. Lapisan air hasil pemisahan diekstraksi untuk memperoleh minyak yang terdistribusi dalam air dan dilanjutkan dengan pemisahan pelarut dengan minyak atsiri dan diperoleh rendemen sebesar 0,605%. Minyak yang diperoleh kemudian dianalisis sifat fisik dan kimianya. Sifat fisik untuk minyak hasil pemisahan dengan gravitasi diperoleh massa jenis 0,86 ; indek bias 1,493; dan penentuan bilangan asam sebesar 2,19 sedangkan untuk minyak hasil ekstraksi lapisan air diperoleh massa jenis 0,82; indeks bias 0,457; dan bilangan asam sebesar 1,56. Selain itu minyak yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan KG-SM, senyawa yang dapat dipisahkan untuk minyak atsiri hasil pemisahan dengan gravitasi diperoleh sebanyak 40 senyawa dengan senyawa terdeteksi sebanyak 36 senyawa, dan 23 senyawa dengan senyawa terdeteksi sebanyak 18 senyawa untuk minyak hasil ekstraksi lapisan air. Dari kedua minyak tersebut terdapat 6 senyawa yang memiliki kesamaan. Sebagian besar komponen penyusun minyak atsiri dari daun legundi terdiri dari terpenoid (mono terpen dan sisquiterpen).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/239/051203146
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Jan 2013 14:38
Last Modified: 23 Oct 2021 13:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153075
[thumbnail of NASKAH_FEBRIANTO_TRI_CAHYONO_(0810923046).pdf]
Preview
Text
NASKAH_FEBRIANTO_TRI_CAHYONO_(0810923046).pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item